Saya sudah lepas KB suntik namun haid masih belum teratur

SY Info Penanya: SY, Wanita, 2019 Tahun
Dok saya mau tanya,saya kb suntik 3 bulan baru 1 kali dan pas jadwal suntik selanjutnya saya sudah tidak suntik karena dinyatakan tidak cocok oleh dokter karena pendarahan. Saya lepas kb bulan april bulan mei juni haid masih blm teratur sampe 20 hari lebih tp bulan juli saya tidak haid. Ada kemungkinan hamil atau memang masih pengaruh hormon yg blm stabil ya dok?Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, SY

Terimakasih atas pertanyaannya.

KB suntik 3 bulan mengandung hormon progesteron yang lebih tinggi dibandingkan suntik 1 bulan sehingga efeknya lebih lama hilangnya. Selain efek samping dari hormon yang lebih terasa, namun bila dihentikan memerlukan waktu agar dapat hamil / subur kembali.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan KB Suntik

1. Hanya perlu disuntik tiap bulan / bisa juga per 3 bulan bila menggunakan depo

2. Sedikit lebih efektif dibandingkan pil

3. Efek samping lebih terasa dibandingkan pil

4. Perlu waktu agar dapat hamil setelah berhenti menggunakannya

Sedikit tips untuk melancarkan datang bulan

1. Yoga

Berlatih yoga 35-40 menit sehari, 5 kali seminggu, dapat membantu mengatur hormon dan siklus menstruasi. Yoga juga dapat membantu mengurangi gejala pramenstruasi

2. Berat Badan yang Sehat

Kelebihan atau kekurangan berat badan dapat menyebabkan menstruasi yang tidak teratur. 

3. Olahraga yang teratur

Olahraga dapat membantu mengendalikan berat badan, yang nantinya membantu mengatur periode menstruasi Anda. Ini juga dapat mengurangi rasa sakit sebelum dan selama menstruasi.

4. Jahe

Meskipun sering digunakan sebagai terapi rumah untuk haid tidak teratur namun lebih efektif untuk meringankan gejala PMS

5. Kayu Manis (Cinnamon)

Kayu manis dapat membantu mengatur siklus menstruasi, mengurangi perdarahan menstruasi dan nyeri. Dapat juga membantu mengobati PCOS.

6. Cuka Apel (Apple Cidar)

Minum 1/8 cangkir (15 gram) cuka sari apel sehari dapat membantu mengatur menstruasi pada wanita dengan PCOS.

7. Suplemen Vitamin

Kadar vitamin D yang rendah dapat meningkatkan risiko haid tidak teratur. Mengkonsumsi suplemen vitamin D harian dapat membantu mengatur siklus menstruasi Anda. Vitamin B juga dapat membantu mengurangi PMS dan mempertahankan siklus menstruasi normal.

8. Buah Nanas

Nanas diyakini dapat membantu mengatur siklus haid karena enzim dalam nanas dapat membantu meringankan beberapa gejala pramenstruasi, seperti kram dan sakit kepala.

Semoga informasi dari saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mayoritas wanita baru mengetahui mengidap fibroid rahim alias mioma secara tidak sengaja namun mioma dapat disembuhkan dengan obat maupun operasi

Mengidap Fibroid Rahim? Tenang, Begini Cara Menyembuhkan Fibroid Rahim!

Fibroid rahim alias mioma bisa disembuhkan dengan obat maupun operasi. Tumor jinak ini sebenarnya dapat hilang dengan sendirinya. Beberapa gejala fibroid rahim, antara lain nyeri haid yang parah dan sakit perut.