Kenapa saya sering menangis dan merasa ingin bunuh diri?

AA Info Penanya: AA, Wanita, 17 Tahun
dok sya mau konsultasi, sya msih brumur 17 thunbru2 sya mendapatkan musibah, sya sering menangis, trkadang sya tdk terima dengan apa yg telah trjadi dok, sya sering brfikiran untuk berhenti skolah dan sya prnh hampir bunuh diri.. sya rasanya capek dok trkadang kalau sya menangis dada sya sblh kiri terasa sakit dan tangan kiri sya lemas..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi AA,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Baik dari keluhan yang Anda rasakan, Anda mengalami gejala Depresi. Depresi merupakan gangguan mental yang di tandai dengan suasana hati yang teus-menerus merasa tertekan, kehilangan minat dalam beraktifitas, sehingga mengalami penurunan kualitas hidup sehari-hari. 

Beberapa gejala dari depresi adalah sulit untuk berkosentrasi, selalu merasa sedih, kehilangan minat, merasa putu asa, sulit tidur, mengalami rasa pusing dan nyeri tanpa penyebab yang jelas, dan ada pikiran atau keinginan bunuh diri.

Depresi bisa di sebabkan oleh beberapa faktor diantaranya genetik, kimia otak, stress, penyalahgunaan alkohol atau obat, kejadian yang membuat trauma. Pengobatan dari Depresi ini adalah psikoterapi, CBT (Cognitive behavior therapy) bertujuan untuk membantu menghindarkan dari pikiran-pikiran negatif, pemberian obat-obatan Anti-depresi.

Saya sarankan Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut ke psikiater atau ke psikolog bersama orang tua Anda agar mendapatkan terapi dan diagnosis yang pasti dari keluhan Anda.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Banyak orang tidak tahu bagaimana rasanya depresi. Pemahaman tentang depresi sebaiknya dipelajari sebelum membantu penderita depresi, agar tidak semakin memperburuk gejala mereka.

Sebelum Anda Membantu Penderita Depresi, Pahami Gejalanya Terlebih Dahulu

Dengan banyaknya persepsi salah mengenai depresi di media sosial atau platform lainnya, menunjukkan bahwa banyak orang tidak tahu apa itu depresi dan bagaimana rasanya depresi. Pemahaman tentang depresi sebaiknya dipelajari sebelum membantu penderita depresi, agar tidak semakin memperburuk gejala mereka.