Saya sedang sariawan, bagaimana cara mengobatinya?

CT Info Penanya: CT, Pria, 17 Tahun
Selamat malam doc.Saya mau nanya ?Saya lgi sakit sariawan . Gimana cara mengobati?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, CT

Sariawan paling sering terjadi akibat iritasi, bisa dari makanan atau minuman. Bisa juga disebabkan oleh jamur pada kasus ruam di mulut yang sulit sembuh. Karena bentuknya sama, berwarna putih dan berada di dalam mulut jadi sering dianggap sama antara sariawan dan jamur. Sering timbul akibat turunnya daya tahan tubuh, penggunaan gigi palsu, penggunaan obat-obat antibiotik dan steroid, dan penggunaan obat kumur berlebihan. Gangguan klinis seperti diabetes dan HIV bisa menyebabkan sariawan. Begitu juga diet yang berlebihan, kekurangan vitamin B dan merokok.

Anda bisa menggunakan salep untuk sariawan yang dijual bebas di pasaran. Berkumur dengan air garam serta menggunakan sikat gigi lembut dapat mencegah sariawan. Saya lampirkan pula artikel mengenai Cara Mengatasi Sariawan Secara Alami. Bila keluhan tidak berkurang maka Anda perlu memeriksakan diri ke dokter.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara mengobati sariawan yang bebas dari rasa perih dan nyeri

7 Cara Mengobati Sariawan dengan Bahan Alami

Meskipun dapat sembuh dengan sendirinya, namun akan lebih baik jika sariawan hilang lebih cepat dan tidak mengganggu kehidupan sehari-hari. Cara mengobati sariawan tidaklah sulit dan dapat dilakukan dengan bahan-bahan alami, misalnya garam, madu, yogurt, minyak kelapa, dan lain sebagainya.