Apakah virus corona berbahaya?

MS Info Penanya: MS, Pria, 31 Tahun
Dok,saya ingin bertanya...katanya corona hilang apabila cuci tangan...Kemudian yg mati gara2 corona karena mayoritas punya riwayat penyakit.Jadi yg lebih bahaya dari corona adalah tbc, asma, dan flu
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, M.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Virus corona adalah jenis virus baru yang pertama kali ditemukan di kota Wuhan, China. Virus ini masih satu golongan dengan virus penyebab SARS dan MERS. Virus corona menyerang sistem pernapasan manusia. Jika terinfeksi virus ini, maka akan timbul gejala seperti demam tinggi, radang tenggorokan, batuk, pilek, dan sesak napas. 

Penularan virus ini sangat cepat sekali karena menular lewat droplet manusia. Untuk itu, masyarakat dihimbau untuk melakukan social distancing, menggunakan masker, tidak bepergian keluar rumah, dan lakukan pola hidup sehat dan bersih demi mencegah penyebaran virus ini. Salah satu langkah pola hidup sehat dan bersih yaitu mencuci tangan dengan sabun. Mencuci tangan dengan sabun dinilai efektif mencegah virus corona karena kandungan pada sabun yang bisa mengikat virus sehingga virus terangkat dari tangan lewat sabun dan air yang mengalir. Mencuci tangan juga harus dilakukan selama 20 detik pada air yang mengalir. 

Virus corona memang menyerang orang-orang yang memiliki imunitas yang lemah akibat penyakit kronis tertentu, terutama pada lansia.  Tetapi, bukan berarti virus ini tidak bisa menyerang orang yang sehat. Virus ini bisa menyerang siapa saja dan sangat berbahaya. Virus ini dikatakan berbahaya karena sampai sekarang belum ada vaksin dan obat yang pasti untuk menyembuhkan virus ini. Lalu, jika seseorang sembuh dari virus ini, maka paru-parunya tidak akan bisa kembali seperti semula. Akan ada bekas terinfeksinya virus corona pada paru-paru. Sehingga itulah yang menjadi alasan bahwa penyakit COVID-19 ini lebih berbahaya dibanding penyakit TBC, asma, dan flu. 

Untuk itu, saya sarankan kepada Anda untuk mengikuti anjuran dari pemerintah saat ini yaitu melakukan social distancing, menggunakan masker saat keluar rumah, melakukan pola hidup sehat dan bersih, berpikiran positif, dan jangan mudah percaya dengan berita yang tidak benar. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada beberapa manfaat baking soda, selain pengembang kue, seperti menghilangkan bau ketiak dan bahan kumur

Aneka Manfaat Baking Soda untuk Kesehatan yang Tak Pernah Terbayangkan

Manfaat baking soda tidak hanya untuk adonan kue saja. Bahan ini sudah banyak digunakan, untuk menghilangkan noda dan bau di berbagai tempat. Ketahui kegunaan soda kue lebih lanjut.