Apakah wajar jika menjelang haid keluar keputihan dan berbau

AA Info Penanya: AA, Wanita, 20 Tahun
Halo dok mau tanya nih. Saat mendekati waktu haid vagina sering keputihan dan mengeluarkan bau amis agak menyengat. Apa itu wajar ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AA,

Keputihan adalah mekanisme normal dari organ kewanitaan untuk mengeluarkan dan membersihkan dari sisa sel mati dan kotoran. Tapi keputihan normal bisa menjadi tidak normal jika ditandai dengan perubahan warna keputihan, adanya perubahan konsistensi keputihan, adanya gejala tambahan seperti rasa gatal, nyeri saat berhubungan seksual ataupun menimbulkan bau yang khas.

Apabila sering kali mengalami keputihan menjelang haid dan disertai bau yang khas dan perubahan warna, bisa merupakan adanya infeksi pada vagina salah satunay akibat adanya infeksi bakteri.

Untuk memastikannya sebaiknya dilakukan pemeriksaan pada dokter dimana bisa dilakukan pemeriksaan sampel dari keputihannya dan dipastikan apa penyebabnya. Jika disebabkan oleh bakteri maka akan diberikan obat antibiotik yang tepat.

Lakukan juga beberapa upaya lain untuk bisa mengatasi keputihan seperti:

  • Selain itu perlu juga menjaga kebersihan organ intim dengan membasuh menggunakan air hangat
  • Keringkannya sampai benar-benar kering
  • Ganti pakaian dan pakaian dalam secara teratur
  • Hindari menggunakan sabun pembersih kewanitaan khusus, karena bisa membuat ketidak seimbangan mikroorganisme yang memicu infeksi
  • Hindari menggunakan pakaian ketat

Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Selaput dara buatan dipercaya dapat mengembalikan selaput dara yang robek akibat aktivitas seperti berkuda

Selaput Dara Buatan, Keperawanan Palsu yang Bisa Bahayakan Vagina

Penggunaan selaput dara buatan bisa mengakibatkan infeksi vagina. Pasalnya, produk ini beredar tanpa izin BPOM sehingga tidak diketahui secara pasti material pembuatnya.