Bagaimana cara mengatasi leher bengkak karena hipertiroid?

U Info Penanya: U
Selamat pagi dok,dok saya bulan Januari 2020 di diagnosa positif hipertiroid,sekarang ini leher sebelah kiri saya bengkak,apakah itu pengaruh hipertiroid dan bagaimana cara mengatasi bengkak saya ini,saya mengkonsumsi tyrosol 5 mg setiap hari
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, U.

 

Kelenjar tiroid adalah kelenjar yang letaknya dileher yang menghasilkan hormon tiroid dan berfungsi mengatur metabolisme tubuh. Pada kondisi normal kelenjar tiroid seharusnya tidak membengkak. 

Perlu diketahui bahwa jenis penyakit pada tiroid ada berbagai macam:

  • Hipotiroidisme, ketika kadar hormon kurang dari normalnya.
  • Hipertiroidisme, ketika kadar hormon melebihi dari nilai normalnya.
  • Penyakit gondok, adanya benjolan pada leher biasanya karena kekurangan yodium yang membantu merangsang kelenjar tiroid mengeluarkan hormon tiroid.
  • Nodul tiroid, benjolan padat atau berisi air pada kelenjar tiroid berupa kista atau tumor jinak.

Terkait dengan keluhan Anda penanganan penyakit gondok akibat fungsi hormon tiroid yang tidak seimbang sebaiknya harus dengan pengawasan dokter, selain dengan obat yang Anda minum cara lain untuk mengatasi benjolan di leher dengan operasi pengangkatan tiroid atau dengan terapi nuklir tiroid.

Namun untuk lebih jelasnya Anda konsultasikan kembali dengan dokter spesialis penyakit dalam yang sudah memeriksa Anda ya. Jangan lupa untuk tetap menjaga asupan garam beryodium agar tidak kekurangan, banyak makan sayur dan buah serta berolahraga teratur.

 

Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

 

dr.Sri Wulantini

 

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kekurangan natrium bisa terjadi di berbagai kalangan, seperti atlit dengan intensitas aktivitas fisik yang tinggi

Kebanyakan Minum Air Ternyata Bisa Picu Tubuh Kekurangan Natrium

Mungkin kurang sering didengar, tapi kekurangan natrium bisa terjadi karena beragam hal. Beberapa penyebab kekurangan natrium tersebut adalah terlalu banyak minum air dan diare yang kronis.