Takut bertemu orang, apa penyebabnya?

FD Info Penanya: FD, Wanita, 21 Tahun
Selamat pagi, Dok. Saya berusia 21 tahun, saya sudah merasakan ini sejak masih remaja. Saya selalu merasa semua orang yang saya temui tidak menyukai saya, tatapan mereka seolah-olah seperti menghakimi saya. Itu sebabnya saya menarik diri dari lingkungan. Saya enggan keluar rumah. Saya sudah berusaha sebisa say, tapi tetap saja rasanya sulit. Saya selalu merasa was-was, takut, cemas, dan selalu merasa bersalah, bahkan disaat saya tidak berbuat kesalahan apapun. Saya takut bertemu banyak orang.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang FD,

Masalah mental atau gangguan psikologis adalah salah satu penyebab seseorang bisa menarik diri dari pergaulan, kehilangan minat pada kegiatan, merasa ketakutan, sedih, ataupun juga merasa bersalah. Tidak jarang juga bisa membuat menjadi mudah emosi ataupun memiliki keingingan untuk menyakiti diri.

Hal ini sering kali juga bisa diikuti adanya perasaan terancam, rasa paranoid akan suatu hal yang belum terjadi ataupun tidak nyata terjadi. Apabila mengalami hal demikian, ada baiknya bisa bercerita pada orang terdekat ataupun yang dipercaya agar membantu mengatasi dan melegakkan perasaan.

Penyebabnya sendiri bisa beragam seperti:

  • Adanya trauma
  • Beban pikiran atau stres yang bertumpuk
  • Aktivitas hormonal otak yang tidak normal
  • Faktor genetik
  • Faktor lingkungan

Apabila sudah sering dilakukan dan mengganggu aktivitas sehari-hari, ada baiknya memeriksakan diri dan berkonsultasi pada dokter spesialis jiwa atau psikiater agar dilakukan evaluasi dan wawancara psikiatrik untuk memastikan apa yang jadi penyebabnya.

Nantinya akan diberikan penanganan untuk gangguan psikologis yang terjadi baik dengan konseling, psikoterapi, ataupun pengobatan jika diperlukan agar dapat beraktivitas sehari-hari tanpa perlu merasa takut dan bisa lebih percaya diri. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Memainkan alat musik seperti gitar termasuk salah satu bentuk katarsis

Katarsis, Pelampiasan Emosi yang Baik untuk Kesehatan Mental Anda

Katarsis adalah pelepasan emosi dan ragam perasaan negatif dari dalam diri dengan cara yang cenderung positif. Berikut adalah beberapa contoh katarsis yang bermanfaat bagi kesehatan mental Anda.