Saya mens hari pertama 4 Agustus namun hari ini saya keluar flek, apakah ini artinya program gagal?

LE Info Penanya: LE, Wanita, 26 Tahun
Siang dokter, saya exta,tgl 4 agustus kemarin saya menikah dan waktu itu saya mens hari pertama. Sekitar tanggal 9 saya berhubungan dengan suami, tapi hari ini tanggal 30 keluar flek apakah ini artinya program kehamilan saya gagal?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, LE

Terima kasih atas pertanyaannya.

Selamat ya atas pernikahannya. Sudah mau langsung program ya. Jadi bila dihitung mens hari pertama tanggal 4 maka mens berikutnya harusnya tanggal 1 September nanti (pada siklus haid normal 28 hari). Sedangkan waktu perkiraan masa subur adalah 2 minggu sebelum haid berikutnya atau tanggal 18 Agustus. Anda plus minus 5 hari karena sperma bisa hidup selama 5 hari. Jadi sekitar 13-23 Agustus yang memiliki kemungkinan tinggi untuk hamil. Caranya anda berhubungan 2 hari sekali pada tanggal 14, 16, 18, 20, 22 Agustus dengan tujuan jumlah sperma dan kualitasnya sudah optimal. Coba anda hitung untuk bulan September bila hari ini anda haid, maka kemungkinan suburnya 13 September nanti. Jadi fokus di tanggal 9,11,13,15,17 September. Istirahat yang cukup, makan makanan yang sehat agar semua kondisi optimal untuk terjadi pembuahan.

Tidak semua pasangan baru menikah langsung hamil. Kami sarankan usaha dulu selama 1 tahun baru bila belum berhasil, anda dapat konsultasi dengan dokter Spesialis Kandungan. Di kota besar sudah banyak dokter kandungan dengan keahlian khusus Fertilisasi. Semoga penjelasannya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara merangsang wanita yang menjadi pasangan Anda cukup dengan menyentuh bagian-bagian tertentunya yang sensitif

Cara Merangsang Wanita Melalui Sentuhan Tubuh dan G-Spot

Kepuasan seksual bukan hanya milik kaum pria saja. Bila Anda ingin membahagiakan pasangan, pahami cara merangsang wanita pada titik-titik sensitifnya. Dengan menyentuh area tertentu, Anda dapat dengan mudah membangkitkan gairah istri.