17 Jun 2021, 19:40Kandungan

saya mau

AN*
Info Penanya: AN*0
Selamat mlm bu dokter saya mau tanya pas bulan mei saya dateng bulan tgl 5 dan saya haid lagi di bulan mei tgl 25 dan sekarang bulan juni udah lewat tgl 5 blm dateng bulan ya bu udah lewat 10 hari
26 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat pagi CBSiklus haid pada dasarnya tejadi setiap bulannya dengan jarak normalnya 21-35 hari dan berdurasi 3-7 hari lamanya. Masing-masing wanita memiliki siklus haid yang berbeda-beda namun bila terjadi diluar rentang normalnya maka menandakan adanya gangguan siklus haid.

Mengetahui Siklus Haid Normal Atau Tidak

Haid anda sebelumnya tanggal 5 Mei dan haid berikutnya tanggal 25 Mei berarti jarak siklus haid anda berkisar 21 hari. Maka kemungkinan haid berikutnya paling cepat terjadi pada tanggal 14 Juni. Namun haid dikatakan terlambat adalah apabila jarak siklus haid melebihi 35 hari dari hari pertama haid terakhir. Haid yang tidak teratur bisa disebabkan karena pola hidup yang buruk maupun kondisi medis tertentu.

Melancarkan Dan Mempercepat Datangnya Haid

Jadi anda bisa menunggu siklus haid muncul sembari melakukan berbagai langkah hidup sehat untuk melancarkan haid dan cara mempercepat munculnya haid. Caranya adalah:
  • Makan bergizi, tingkatkan porsi sayur, buah dan protein serta air putih
  • Tidur cukup, tidak bergadang
  • Olahraga rutin 3-4 kali seminggu selama 30 menit
  • Kontrol stres dengan baik
  • Mandi air hangat atau kompres hangat pada perut bawah
  • Minum air rebusan jahe, kunyit dan diberi madu
Apabila anda sudah menikah atau berhubungan intim, maka lakukan test pack apabila haid terlambat. Namun jika tidak dan haid tidak muncul selama 3 bulan berturut-turut maka periksakanlah diri ke dokter kandungan.Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany
siklus haidmenstruasigangguan menstruasitest pack
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil