Mata silnder terasa pusing setelah menggunakan kacamata

GS Info Penanya: GS, Pria, 24 Tahun
Assalamualaikum selamat sore dok, saya Grahari umur 24th saya baru periksa ke optik dan hasil mata saya silinder tiga setengah trus kan saya pesan kaca matanya, ketika saya pakai sih pas dan nyaman tapi sesekali saya melihat ke atas dan kesamping dan kebawah itu berasa tidak fokus malah jadi pusing di karna kan ukuran jadi berubah2 itu knp ya dok apa bisa di jelaskan, karna saya tanya sama abang2 malah cuma dibilang silinder mas nya udah gede banget, makasih dok selamat sore
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang GS,

Gangguan refraksi sering kali terjadi terutama mata minus atau miopia dan juga mata silinder. Kondisi ini bisa terjadi terutama pada usia muda. Untuk mata silinder sendiri bisa terjadi bersamaan dengan mata minus dan perlu dikoreksi menggunakan kacamata dengan ukuran yang tepat ataupun menggunakan silinder.

Berbeda dengan mata minus, silinder  atau astigmatisme sendiri merupakan gangguan yang membuat penderitanya merasakan gejala seperti:

  • penglihatannya kabur
  • mata mudah lelah dan tidak nyaman
  • sakit kepala
  • ataupun kesulitan melihat terutama pada malam hari

Apabila terasa pusing bisa karena baru menggunakan kacamata ataupun ukuran dan koreksinya tidak tepat, karena pada mata silinder tidak hanya ukurannya saja yang perlu diperhatikan tetapi juga sudut atau axisnya yang harus tepat jika tidak bisa menimbulkan rasa pusing.

Jika menggunakan kacamata dirasa makin mengganggu perlu dikoreksi kembali ukuran kacamatanya sudah tepat atau belum. Bisa juga periksakan pada dokter spesialis mata untuk dilakukan pemeriksaan tajam penglihatan ulang. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Softlens silinder atau toric contact lenses dapat membantu penderita astigmatisme untuk dapat melihat dengan jelas

Jangan Salah, Penderita Astigmatisme Juga Bisa Pakai Softlens Silinder

Softlens silinder bisa jadi pilihan bagi orang dengan astigmatisme yang merasa kurang nyaman memakai kacamata. Sebutan untuk softlens silinder adalah toric contact lenses yang berbeda dengan softlens biasa.