26 Nov 2020, 22:08Psikologi

Sering merasa sedih dan tidak punya teman

A
Info Penanya: A0
Saya akhir2 ini merasa pusing dengan kaadaan, saya selalu merasa kesepian, saya selalu teringat kenapa saya dijauhi banyak orang hingga akhirnya saya selalu memikirkan itu disaat ingin tidur dan bangun tidur, saya merasa sedih tidak punya teman, apalagi saya sdg berada dalam lingkungan toxic ??
353 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang A,Rasa sedih adalah perasaan yang normal bisa terjadi, tetapi jika berlangsung dalam waktu lama, mengganggu aktivitas harian ataupun sampai membuat penurunan kondisi fisik maka dapat merupakan masalah yang perlu dihadapi.Rasa sedih berlebihan bisa disebabkan oleh beragam hal seperti kehilangan orang yang disayangi, lingkungan yang tidak mendukung, masalah pada pekerjaan, masalah percintaan, masalah kehidupan sosial sehari-hari sampai dengan bisa disebabkan oleh kondisi kesehatan.

Cara mengatasi kesedihan

Jika tidak ditangani dengan baik, rasa sedih yang berkelanjutan bisa menimbulkan masalah psikologis yang lebih berat seperti misalnya depresi. Untuk itu perlu dilakukan beberapa cara untuk bisa mengatasi kesedihan seperti:
  • Mencoba lebih terbuka
  • Berusaha menjalin pertemanan yang lebih luas
  • Alihkan dengan kegiatan harian
  • Alihkan dengan berolahraga atau menjalankan hobi
  • Berbagi cerita pada orang yang dipercaya
  • Mengikuti kegiatan organisasi misalnya
Jika tidak juga berhasil, perlu berkonsultasi pada dokter spesialis kedokteran jiwa atau psikiater. Nantinya akan dilakukan evaluasi untuk mengetahui apa yang dialami dan mencari solusi untuk mengatasinya. Dokter nantinya bisa melakukan konseling, psikoterapi ataupun pengobatan jika diperlukan. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
kesehatan mentalgangguan psikologishidup sehat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil