Mengenai transplantasi dan donor ginjal

SU Info Penanya: SU, Pria
Mohon maaf saya mau donor ginjal dokter kalau ada yang butuh tlpn saya 085774163402 golongan darah saya O umur 30 thn,
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SU,

Transplantasi ginjal adalah prosedur medis dimana dilakukan pemindahan organ sehat menggantikan organ yang tidak lagi berfungsi salah satu contohnya seperti pada gagal ginjal kronis. Transplantasi sendiri dilakukan dengan organ yang di donorkan, dimana donor organ bisa didapat dari donasi langsung kepada penderita bisa keluarga dekat misalnya ataupun donasi tidak langsung dimana pendonor memberikan organ pada pasien yang tidak dikenal sebelumnya.

Sebelum menjadi pendonor ginjal sendiri ada beberapa hal yang perlu diketahui. Pertama donor tidak bisa dilakukan sembarangan karena perlu ada pasien yang membutuhkan dan memiliki kecocokan terhadap organ yang akan di donorkan, hal ini bertujuan agar tubuh penerima tidak menolak organ yang di donorkan untuk itu perlu dilakukan serangkaian pemeriksaan sebelumnya. Tes sendiri yang utama adalah tes silang darah, tes HLA untuk sistem imun dan juga pemeriksaan kesehatan umum pendonor dimana perlu terbebas dari gangguan kesehatan seperti tekanan darah tinggi, gangguan ginjal, gangguan hati, infeksi HIV, hepatitis, bebas alkohol dan narkobat dan lainnya. Perlu juga perhatikan risiko yang dapat terjadi ketika melakukan prosedur donor ginjal.

Donor sendiri harus dilakukan secara sukarela, jika ada indikasi ekonomi dan berharap imbalan dari donor yang diberikan maka bisa melanggar hukum. Menurut Undang-Undang no. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan di pasal 64 ayat 3 menjelaskan bahwa organ tubuh dilarang diperjualbelikan dengan dalih apapun. Pelakunya dapat dikenai hukuman pidana penjara paling lama 10 tahun dan denda paling banyak 1 milyar.

Jika memang benar-benar berniat menyumbangkan ginjalnya silahkan hubungi rumah sakit yang memiliki sentral ataupun mampu melakukan transplantasi seperti misalnya pada rumah sakit rujukan nasional. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh BG
10 Jan 2020, 04:13
Dok sy mau tanya apakah ada sosuli untuk ejakulasi dini

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tubuh takkan bisa bekerja dengan normal jika fungsi ginjal terganggu

Fungsi Ginjal Ternyata Tak Hanya Menyaring Racun dari Tubuh

Fungsi ginjal bagi tubuh ternyata beragam. Mulai dari memproduksi urine dan hormon, sampai mengendalikan kadar cairan tubuh. Penyakit yang menyerang ginjal dapat berakibat pada penurunan fungsi ginjal hingga berakibat fatal. Karena itu, jangan abaikan kesehatan ginjal Anda.