27 Mar 2021, 05:43Psikologi

Apa yang harus dilakukan untuk mengatasi cemas?

SJ
Info Penanya: SJ0
Dok kenapa ya saya cemas karna takut mati, Setiap ada kabar orang mati saya selalu panik Dan saya juga suka cemas, gelisah, khawatir, dan takut secara tiba-tiba Saya juga suka nangis tanpa sebab Hidup saya juga terasa hampa Tolong dong dok saya harus apa?
73 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, SJTerima kasih atas pertanyaannya.Kecemasan itu sebenarnya dapat terjadi pada semua orang akibat adanya tekanan atau stres baik dari dalam diri sendiri ataupun faktor lingkungan.  Ketika rasa cemas ini sudah menganggu aktivitas sehari-hari, membuat pikiran menjadi negatif maka perlu menjadi perhatian khusus karena jika dibiarkan akan berisiko menimbulkan gangguan psikologis lain seperti depresif, gangguan kecemasan menyeluruh, gangguan panik, bipolar, dan lainnya. 

Beberapa cara untuk mengatasi rasa cemas :

  • Alihkan pikiran yang memicu dengan aktivitas lain seperti membantu orang tua, memulai usaha online, ikut kelas online, menulis, menggambar dan aktivitas lain sehingga membuat pikiran itu sibuk dan tidak sempat untuk berpikiran yang tidak penting.
  • Hindari menyendiri.  Berkumpul dengan keluarga, bercerita dengan orang terdekat tentang permasalahan yang dihadapi.  Jangan disimpan karena emosi yang tersimpan akan menimbulkan reaksi negatif.
  • Ikuti kelas meditasi contohnya yoga. Dengan meditasi, pikiran akan menjadi rileks, dapat meningkatkan energi positif, serta meningkatkan kebugaran tubuh.
  • Bergabung pada komunitas kesehatan mental. Bertukar pikiran dengan orang-orang yang memiliki keluhan yang sama dapat membantu bahwa kita tidak sendiri.  Ada juga teman-teman lain yang sama. 
Ketika cara ini dianggap tidak membantu dan malah semakin membuat cemas, maka ada baiknya mencoba konsultasi dengan psikiater untuk konseling dan tindakan lanjutan. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
bipolardepresigangguan kecemasangangguan panik
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil