Apakah melakukan hubungan suami istri pada akhir haid berbahaya?

I Info Penanya: I
Dok saya mau tanya, saya sehari selesai haid masih keluar flek tp kadang keluar kandang jg engga, bahaya tidak saya HB pakai kondom pas lg hot2nya keluarlah flek coklat dikondom trs dibersihi pakai tisu lanjut HB tp posisi sudah kering karna dilap pakai tisu lalu kondom suami dilepas keluar sperma didlm lalu saya diemin trs pas saya kencing keluar darah, gimana ya dok saya takut apakah saya bisa hamil atau saya bakal keguguran lg atau nanti anak saya bakal cacat/penyakitan? Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, I.

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Siklus haid/menstruasi wanita dikatakan normal bila terjadi setiap 21-35 hari, rata-rata wanita mengalami siklus 28 hari. Lama dari menstruasi dikatakan normal pada 2-14 hari, rata-rata wanita mengalami haid selama 2-7 hari. Haid dimulai dari bercak cokelat, kemudian keluarnya darah berwarna merah sampai dengan merah tua. Pada fase akhir haid ditandai dengan bercak coklat kehitaman yang semakin lama semakin sedikit kemudian haid bisa dikatakan selesai. Jika Anda mengalami siklus menstruasi setiap 28 hari, maka masa subur bisa dihitung biasanya 14 hari menjelang menstruasi pada bulan berikutnya.

Pada saat melakukan hubungan dengan suami yang menggunakan kondom, tampak flek/spotting bisa merupakan sisa dari menstruasi sebelumnya. Jika Anda melakukan hubungan suami istri dengan sperma dikeluarkan di dalam maka kemungkinan hamil bisa saja terjadi, namun kemungkinan itu sangat kecil. Hal ini dikarenakan anda belum berada pada masa subur. 

Kencing yang berdarah setelah melakukan hubungan badan, bisa disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya urine yang bercampur dengan spotting/flek sisa menstruasi, adanya perlukaan pada vagina dan area sekitarnya, bahkan karena adanya infeksi saluran kemih.

Terkait dengan pertanyaan Anda, sebaiknya hubungan suami istri dilakukan pada saat Anda sedang tidak haid untuk mengurangi risiko terjadinya infeksi. Jika Anda mengalami terlambat haid pada bulan berikutnya sebaiknya segera lakukan tes kehamilan. Bila Anda ragu-ragu bisa memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.  

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Berenang saat haid justru aman dilakukan karena tekanan dari air kolam akan menghentikan aliran darah menstruasi untuk sementara

Ini Alasan Mengapa Berenang Saat Haid Bukan Masalah

Tak perlu ragu berenang saat haid. Tekanan dari air kolam justru menghentikan aliran darah haid sementara.