Haid selalu teratur, tapi tiba-tiba muncul flek merah muda

ED Info Penanya: ED, Wanita, 30 Tahun
selamat malam dok, saya Eva umur 31 th sudah menikah. saya haid terakhir kering tgl 23 juli nah di tanggal 5 Agustus kluar flek darah merah muda hanya sekali d pagi hari dan sampai skrg suda 4 hari selalu kluar flek di pagi hari.. tp di hari ke 4 flek berwarna kecoklatan.. padahal haid berikutnya msih lama, karena saya haid selalu teratur..apakah normal atau pertanda apa ya dokter? mohon bantuannya.. terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, EDS.

Haid adalah keluarnya darah selama beberapa hari (idealnya 3-7 hari) dari liang vagina, yang berasal dari peluruhan dinding rahim. Haid normalmya berlangsung secara teratur setiap 21-35 hari, yang diawali dengan bercak kecokelatan, diikuti dengan darah merah yang menderas, dan diakhiri oleh bercak kembali.

Sedangkan flek merah muda atau kecokelatan pada wanita yang sudah menikah bisa disebabkan karena proses implantasi, yaitu ketika embrio (bakal janin) melekatkan diri ke dinding rahim. Hal ini biasanya berlangsung maksimal tiga hari, dan hanya berupa flek atau bercak. 

Apabila Anda memang rutin melakukan hubungan seksual, disarankan agar Anda menunggu sampai haid berikutnya. Lakukan testpack untuk mengonfirmasi apakah ada kehamilan atau tidak ketika mengalami keterlambatan haid. Apabila hasilnya negatif, Anda dapat mengulanginya satu minggu kemudian.

Apabila Anda mendapatkan hasil yang masih negatif, maka flek tersebut bisa disebabkan oleh penyakit lain, seperti:

  • Kondisi stres psikologis
  • Kelelahan fisik
  • Sindrom ovari polikistik
  • Mioma uteri
  • Kista ovarium
  • Dan berbagai penyebab lainnya

Maka, disarankan agar Anda berkonsultasi kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan, dimana nantinya akan dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang seperti USG. Dengan demikian, akan diketahui secara pasti penyebab flek yang Anda alami, kemudian diberikan penanganan yang sesuai. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tanda-tanda PMS yang umumnya terjadi adalah kram, sakit kepala, dan mood swing

Serba-serbi PMS, Mulai dari Tanda-tanda PMS Sampai Pencegahannya

PMS merupakan gejala fisik dan psikologis yang dialami oleh wanita sebelum mengalami menstruasi. Tanda-tanda PMS yang sering terjadi, antara lain: kram, payudara mengeras, perubahan nafsu makan, kaki tangan membengkak, sakit kepala, hingga diare.