03 Jan 2021, 06:28Kandungan

Berapa lama proses pembuahan berlansung hingga terjadi kehamilan ?

KQ
Info Penanya: KQ0
Saya trakhir berhubungan tgl 22 okt. Dan terjadi flek tgl 23 okt-nya. Saya pikir haid jd saya abaikan. Tgl 24 Nov saya merasa telat jd sy testpack ternyata positif. Baru USG tgl 30 Des, usia kehamilan saya 6 minggu. Saya jadi bingung itu perhitungannya gimana ya? Berapa lama proses pembuahan sejak trakhir berhubungan hingga hamil terjadi?
839 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat siang, K.Selamat atas kehamilan Anda. Kehamilan akan sangat dinanti jika seorang wanita sangat ingin memiliki anak, terlebih jika antar pasangan sudah dalam usia yang matang, siap secara fisik, mental, dan ekonomi. Kehadiran anak akan menambah kebahagiaan di dalam rumah tangga. Usaha untuk memiliki anak juga tidak mudah, begitu pula saat janin dilahirkan dan dibesarkan. Ibu hamil harus menjaga kesehatan termasuk dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi agar ibu dalam kondisi sehat begitu pula dengan janin.

Berapa lama proses pembuahan berlansung hingga terjadi kehamilan ?

Saat pasangan melakukan hubungan seksual, maka berjuta-juta sperma akan dikeluarkan dan berlomba menuju ovarium untuk bertemu dan membuahi sel telur yang telah matang. Sel telur ini akan bertahan hingga 24 jam. Sel sperma yang berhasil membuahi sel telur akan menjadi pemenang. Sel telur yang telah dibuahi akan berubah menjadi zigot dalam waktu 1 hari dan berkembang menjadi bakal janin (embrio) yang akan menempel di dinding rahim (proses implantasi) dalam waktu 5-10 hari. Setelah terjadi pembuahan dan penempelan janin di dinding rahim, maka plasenta dan kantung ketuban akan terbentuk yang memicu pengeluaran hormon kehamilan. Peningkatan hormon kehamilan ini akan membuat hasil test pack yang positif.

Bagaimana cara menghitung usia kehamilan ?

Cara menghitung usia kehamilan adalah dengan menggunakan rumus naegele dimana usia kehamilan dihitung dari hari pertama haid terakhir Anda. Cara lain yang dapat menentukan usia kehamilan adalah dengan melakukan USG, dimana USG pada trimester awal kehamilan memberikan hasil usia kehamilan yang lebih akurat. Pemeriksaan fisik pada rahim dengan mengukur tinggi fundus uteri juga dapat menentukan usia kehamilan, namun jika posisi rahim yang miring, jaringan lemak yang tebal, dan kantung kemih yang penuh akan mempengaruhi hasil pemeriksaan.Anda juga dapat berkonsultasi bersama dokter spesialis kandungan secara online atau saat pemeriksaan USG selanjutnya jika masih ada pertanyaan yang belum jelas. Tetap jaga kondisi tubuh dan janin. Jangan lupa konsumsi vitamin kehamilan. Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
menjaga kehamilannutrisi ibu hamilmasa subur
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil