Mengalami depresi dan stres, apa yang harus dilakukan?

AN* Info Penanya: AN*, Wanita, 12 Tahun
Ayah saya mmg perhatian ttpi tdk mengerti masalah saya secara spesifik. Sbenarnya saya slalu di berikan barang yang saya inginkan sperti makanan, hp, baju, dll ttpi tdk dgn perhatian. Ibu sya lbih cuek Kpd saya di bandingkan adik sya. Jdi sya mjdi susah untk mengeluarkan isi hati/mslah sya kpda org tua saya. Stiap kli ad ksmpatan untk mengatakannya hati saya mlah memilih untk diam & memilih utk memendam mslah sya sendirian. Pda akhirny saya hnya bsa menangis sja di kamar. Ap yg hrs sy lakukan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang CK,

Beban pikiran berlebih adalah hal yang tidak baik dan bisa menjadi masalah mental. Stres sendiri sebenarnya tidak selalu buruk tetapi jika berlebih bisa menjadi pemicu masalah kesehatan mental atau kondisi psikologis lain seperti misalnya depresi.

Apabila saat ini CK merasa lebih murung, merasa sering sedih, memiliki kesulitan untuk berbagi cerita dengan orang tua, ada baiknya bisa coba berbagi cerita pada teman atau orang lain yang dipercaya seperti misalnya pada om, tante, guru ataupun pada teman dekat.

Apabila saat ini usia CK masih 12 tahun, ada baiknya bisa coba ceritakan apa yang dirasakan pada ayah yang lebih perhatian. Walaupun ayah tidak mengerti secara spesifik setidaknya bisa membantu menjadi pendengar agar keluhan dan beban pikiran CK bisa terbantu.

Kalau dirasa CK masih tetap sulit dan tidak bisa mengeluarkan perasaan dan masalah CK pada orang tua, bisa juga meminta tolong pada ayah dan ibu untuk mengantar CK bisa berkonsultasi pada Om atau Tante dokter ya, agar nanti Om atau Tante dokter bisa membantu menjelaskan pada orang tua sehingga orang tua CK bisa lebih mengerti apa yang dibutuhkan oleh CK. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Polyglot adalah istilah dari mereka yang menguasai lebih dari 5 bahasa

Polyglot Adalah Orang yang Menguasai Banyak Bahasa, Ternyata Begini Cara Kerja Otak Mereka

Polyglot adalah orang-orang yang memiliki kemampuan untuk berbicara, menulis, membaca dalam 5 bahasa atau lebih. Hal ini tentunya menarik perhatian kita mengenai rahasia mereka dapat mempelajari banyak bahasa. Ternyata rahasianya adalah area otak yang berhubungan dengan bahasa disebut Broca, cenderung unik pada polyglot atau orang yang menguasai banyak bahasa.