24 Jun 2021, 22:29Pernapasan

Hasil saturasi oksigen berbeda di waktu yang sama

PP
Info Penanya: PP0
Dok, keluarga kami dari dulu selalu rutin cek saturasi setiap hari. Kami punya alat pulse ocimeter. Tapi terkadang ada yang membuat kita bingung, karena saturasi dari pulse oximeter itu tidak konsisten (berubah-ubah) meskipun hanya beberapa kali saja hal itu terjadi. Jadi biasanya dalam waktu yang sama kami cek ke 1 saturasi oksigen 96, nyoba cek lagi eh kok turun 93, sontak kaget dong, dan nyoba cek lagi eh balik ke 98 saturasi oksigen. Biasanya yg jadi patokan apa ya dok, cek yg ke 1,2 atau 3?
2434 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat sore PPAlat pulse oxymeter adalah alat yang digunakan untuk mendeteksi kadar atau saturasi oksigen dalam darah. Alat ini tergolong alat yang praktis karena ukurannya kecil dan penggunaannya yang mudah dengan hanya menyematkan jari saja, serta harga yang terjangkau.

Penyebab Hasil Saturasi Oksigen Berbeda-beda

Namun melakukan pemeriksaan saturasi oksigen dengan pulse oxymeter juga bisa berbeda-beda hasilnya yang dipengaruhi oleh banyak faktor. Faktor-faktor yang mempengaruhi adalah:
  • Kualitas dan sensitivitas alat yang berbeda-beda
  • Jari tangan yang dingin atau basah 
  • Kuku yang panjang atau di cat warna gelap
  • Aktivitas seperti makan, minum, berbicara, bernyanyi, mengedan dan sebagainya dapat menyebabkan penurunan saturasi oksigen
  • Kondisi masing-masing tubuh yang dipengaruhi berbagai faktor seperti infeksi, usia, fungsi paru dan jantung, anemia

Mengukur Saturasi Oksigen Dengan Tepat

Untuk hasil yang normal adalah saturasi oksigen yang berada dikisaran 95-99%. Jadi lakukan setidaknya 3 kali pengulangan pemeriksaan dan tidak mengapa hasil berbeda-beda tetapi bila dirata-ratakan berada di range normalnya. Pastikan hal-hal berikut saat akan melakukan pemeriksaan saturasi oksigen:
  • Hangatkan jari tangan yang dingin dan keringkan jari yang basah
  • Potong kuku yang panjang
  • Gunakan 2 alat oxymeter yang berbeda merek 
  • Cek saturasi saat istirahat dan tidak berbicara
  • Atur nafas yang teratur
Bila ditemukan saturasi dibawah 95% bisa menjadi tanda distres pernafasan. Anda harus mewaspadai pula adanya happy hypoxia pada infeksi virus Covid-19 dimana terjadi penurunan kadar oksigen tanpa adanya gejala. Segera temui dokter bila menemukan saturasi dibawah normal tanpa atau disertai sesak, pusing, demam, batuk-batuk, untuk dilakukan penanganan awal dengan terapi oksigen serta berbagai pemeriksaan untuk menemukan penyebabnya.Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany
kekurangan oksigenhipoksiaoksigen
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil