04 Sep 2021, 14:04Penyakit Lainnya

Saturasi oksigen bayi

P
Info Penanya: P0
Dokter, saya mau tanya, apakah benar saturasi oksigen bayi dengan orang dewasa itu berbeda? Apa yang yang menyebabkan perbedaan itu?
96 Views
1 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat pagi PSaturasi oksigen adalah kadar oksigen dalam darah dimana nilai normalnya adalah di atas 95%. Hal ini bisa dideteksi dengan menggunakan alat yang disebut oksimetri atau menggunakan analisa gas darah (AGD).

Penyebab Saturasi Oksigen Bayi Turun

Pada dasarnya baik dewasa maupun bayi, kadar saturasi oksigen yang normal adalah sama, tidak ada perbedaan. Namun pada bayi lebuh rentan mengalami penurunan saturasi oksigen, terutama pada 1-2 hari pertama kelahiran bisa lebih rendah dan bisa ditoleransi hingga 93%. Namun jika saturasi bayi dibawah normalnya, hal ini bisa disebabkan oleh berbagai kemungkinan yaitu:
  • asfiksia atau gagal nafas saat lahir
  • Kelahiran prematur
  • Kelainan paru seperti paru tidak mengenbang sempurna, infeksi paru atau sumbatan pada jalan nafas
  • Kelainan jantung
  • Kelainan darah

Mengembalikan Saturasi Oksigen Bayi Normal

Kemudian untuk pengukuran saturasi oksigen bayi juga sebaiknya dibawah pemantauan dokter anak sekaligus dilakukan pemeriksaan lainnya untuk mencari penyebabnya. Bayi akan dipantau secara berkala dan bila diberikan terapi oksigen hingga bisa bernafas dengan baik dengan sendirinya dan mencapai saturasi oksigen yang normal.Selain itu akan diberikan pengobatan yang dibutuhkan berdasarkan anjuran dari dokter anak. Yang bisa anda usahakan adalah mencukupi kebutuhan ASI untuk bayi dan menjaganya tetap hangat karena bayi rentan hipotermia.Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany
kekurangan oksigenhipoksiaoksigen
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil