Satu tahun minum obat pencahar, apakah aman untuk anak?

RA Info Penanya: RA, Pria, 1 Tahun
"Dear Dokter,Kenapa anak saya sudah satu tahun lebih bila mau BAB maka harus pakai obat pencahar untuk anak seminggu sekali? Bila tidak maka anak sulit sekali BAB. Mohon solusinya Terima kasih"
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Salam sehat Bapak RAA,

Sembelit atau konstipasi adalah hal yang umum terjadi pada anak-anak. Gejala sembelit adalah :

  • Sulit BAB
  • Nyeri perut dan kembung
  • Perdarahan usus
  • Anak rewel dan gelisah

Ketika anak mengalami konstipasi, gerakan usus pada anak menurun sehingga saat waktu BAB, maka feses kering, keras dan sakit saat akan BAB.

Penyebab Sembelit adalah:

    • Anak trauma dengan toilet di suatu tempat seperti toilet di sekolah, atau toilet saat bepergian. Kenangan ini menghalangi anak untuk BAB sehingga BAB yang ditahan menyebabkan lama kelamaan feses akan kering dan keras, dan akan sakit saat mau BAB. Begitu seterusnya terjadi berulang pada anak
    • Makanan yang rendah serat dan tidak cukup cairan yang diperoleh tubuh dalam sehari
    • Efek samping dari obat-obatan tertentu

 

Untuk pengobatan sembelit,  cara-cara ini yang harus dilakukan secara bersama yaitu:

  1. Diet tinggi serat dengan banyak cairan. Pastikan makanan anak mengandung banyak buah dan sayuran segar, sereal berserat tinggi, roti gandum utuh (carilah setidaknya 3-5 gram serat per porsi), dan berbagai kacang dan kacang polong.
  2. Makanan yang mengandung probiotik, seperti yoghurt, dapat meningkatkan kesehatan pencernaan yang baik
  3. Dapatkan kecukupan cairan bagi anak, anak harus minum banyak air sepanjang hari, bersama dengan susu. Batasi minuman bergula hingga 4 ons sehari pada anak-anak yang lebih muda dan 6 sampai 8 ons pada anak-anak usia sekolah.
  4. Gunakan obat pencahar dengan fungsi untuk melunakan feses dan untuk membersihkan usus. Ini aman pada anak-anak, tetapi harus digunakan di bawah pengawasan dokter anak (SpA). Ikuti dosis yang dianjurkan Dokter dan berhenti sesuai anjuran Dokter. Dokter Anak (SpA) dapat memberi saran tentang jadwal pemberian dosis yang tepat untuk anak.
  5. Tetapkan waktu khusus yang sama setiap hari untuk anak ke toilet dan BAB

Penggunaan obat pencahar dalam waktu lama dapat menyebabkan banyak komplikasi jadi sebaiknya konsultasikan dengan Dokter sebelum menggunakan obat jenis apapun.

 

Salam sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sakit perut, diare, dan perut kembung adalah gejala divertikulitis yang sering terjadi

Sakit Perut Sebelah Kiri Bawah? Hati-Hati Divertikulitis

Sakit perut sebelah kiri bawah adalah gangguan yang sering terjadi. Salah satu penyebab sakit perut sebelah kiri bawah adalah divertikulitis. Kenali gejala divertikulitis seperti diare, sembelit, perut kembung, hingga pendarahan yang dapat menyebabkan komplikasi serius.