Satu tahun menikah belum memiliki anak

L Info Penanya: L, Wanita, 25 Tahun
Dokter saya ingin bertanya ,, sudah satu tahun menikah saya belum dikaruniai anak padahal siklus mens saya teratur
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, ibu L

Terimakasih atas pertanyaannya

Apakah anda menikah satu tahun dan tidak menggunakan kontrasepsi? Bila iya, dan saat ini belum memiliki anak maka anda sudah termasuk kategori infertilitas. Anda dan suami perlu evaluasi lebih lanjut dengan Dokter Kandungan dan Dokter Andrologi untuk suami anda.

Menstruasi teratur tidak menandakan ovulasi (pematangan sel telur juga baik), namun anda bisa memperkirakan waktu yang optimal untuk berhubungan intim pada saat yang diperkirakan anda sedang subur. Sekitar 2 minggu setelah mulai menstruasi. Anda dapat mencoba berhubungan dengan jeda satu hari agar sperma suami bisa dipersiapkan dalam kondisi optimal juga.

Dalam pemeriksaan nantinya dicek sel telur anda, kondisi di dalam vagina anda apakah dapat mendukung sperma masuk dan membuahi sel telur dengan baik. Kemudian sperma suami juga perlu diperiksa apakah spermanya banyak jumlahnya dan bergerak dengan aktif sehingga dapat membuahi sel telur.

Kemudian anda dan suami harus dalam kondisi fit, istirahat yang cukup, makan makanan bergizi dan hindari stres. Demikian penjelasan saya, semoga program mendapat momongannya berhasil.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sebagian pasangan melakukan program hamil agar bisa mendapatkan keturunan secepatnya

Ingin Merencanakan Program Hamil yang Sukses? Ikuti Tips Ini

Mendapatkan anak merupakan salah satu keinginan terbesar bagi setiap pasangan. Sebagian pasangan bahkan melakukan program hamil khusus agar bisa mendapatkan keturunan secepatnya. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar program kehamilan berjalan sukses.