sariawan yang tidak kunjung sembuh

AS Info Penanya: AS, Pria, 2019 Tahun
Selamat malam dokter mau tanya ibu saya punya sariawan sudah berobat dimana mana tapi sembuh sebentar abis itu timbul lagi mohon cara mengatasi nya biar sembuh tolol thank you dokter
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi AS

Sariawan terjadi akibat perlukaan dan inflamasi pada mukosa bibir dan mulut, penyebabnya bisa akibat trauma pada saat mengunyah, infeksi bakteri, infeksi jamur. 

Jika sariawan tidak kunjung sembuh biasanya terjadi akibat adanya penyakit sistemik yang dialami atau status imunokompremise. Penyakit sistemik seperti diabetes militus, infeksi HIV atau pasien kanker yang menjalani kemoterapi mungkin memiliki efek samping sariawan.

Pada sariawan umumnya dapat hilang dengan berkumur menggunakan antiseptik mulut, hindari makanan pedas dan panas, pemberian antiinflamasi kortikoseteroid seperti triamsinolon, pemberian antijamur nystatin, selain itu juga disarankan mungkonsumsi multivitamin khususnya vitamin c.

Saya sarankan anda membawa ibu anda berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan penyabab sariawan yang tidak kunjung sembuh.

Salam sehat

dr.Zulham

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jangan sampai salah membedakan antara sariawan dengan gejala awal kanker lidah

Gejala Kanker Lidah Mirip Sariawan, Apa yang Membedakan?

Gejala kanker lidah tahap awal, seringkali sering disalahartikan sebagai sariawan biasa. Kenali perbedaannya, agar Anda tidak salah sangka.