30 Apr 2021, 13:23Gigi & Mulut

Apa penyebab sariawan?

EW
Info Penanya: EW0
Halo dok saya mau tanya sebenernya pemicu adanya sariawan itu apa ya? Karena saya sering mengalami sariawan bisa sebulan sekali. Dan kadang ditempat satu sembuh timbul lagi sariawan di tempat lain sampai 3 kali tempat muncul adanya sariawan. Yang paling parah di lidah karena membuat saya tidak bisa makan.
54 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore, ETerima kasih atas pertanyaan AndaSariawan adalah kondiis adaya luka di sekitar mulut atau bibir. Keadaan ini bisa terjadi pada segala usia baik pada pria maupun wanita. Adanya saraiwan ini bisa menyebabkan rasa yang tidak nyaman, sakit, perih, bahkan bisa berpengaruh terhadap nafsu makan seseorang. 

Beberapa penyebab dari sariawan diantaranya adalah:

  • Kurangnya menjaga kebersigan rongga mulut
  • Asupan gizi dan nutrisi yang kurang baik 
  • Adanya cedera atau trauma pada rongga mulut, misal tidak sengaja tergigit saat berbicara atau sedang mengunyah
  • Pengaruh konsumsi makanan tertentu yang bisa mengiritasi rongga mulut
  • Stres
  • Pengaruh hormonal tubuh
  • Kondisi medis lainnya
Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, salah satu penyebab dari sariawan bisa karena kondisi-kondisi yang telah disampaikan di atas. Untuk tahu penyebab pastinya dan mendapatkan pengobatan yang sesuai maka lakukanlah pemeriksaan ke dokter gigi terdekat. Terlebih bila keluhan ini Anda alami secara berulang. Tindakan sementara yang saat ini bisa dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan rongga mulut, biasakan gosok gigi sesudah makan dan sebelum tidur, konsumsi makanan bergizi dengan tekstur lunak untuk sementara waktu, gunakan sikat gigi dengan bahan yang halus, berkumur dengan air garam, hindari konsumsi makanan pedas atau asam untuk sementara waktu, konsumsi sayur dan buah dan minumlah air putih cukup.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
kesehatan muluttips kesehatansariawan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil