Sariawan di vagina, apakah acyclovir obatnya?

NC Info Penanya: NC, Wanita, 15 Tahun
Permisi dok mau tanya, ini kenapa bisa ada bentolan di vagina pertama seperti bercak sariawan kemudian tambah banyak kemudian tambah membesar dan membengkak hampir menutupi lubang rahim dan lubang kencing, saya menggunakan aciclovir apakah mempan ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, NC.

Munculnya sariawan atau bercak putih di vagina bisa disebabkan oleh beberapa penyakit tertentu, seperti kandidiasis, bakterial vaginosis, herpes genital, peradangan pada vagina, maupun alergi. Biasanya, sariawan tersebut disertai rasa gatal pada vagina, dan terkadang bisa disertai nyeri maupun pembengkakan.

Apabila penyebab sariawan tersebut adalah herpes genital, maka penggunaan acyclovir memang obat yang tepat. Tetapi, dosis dan cara mengonsumsinya harus disesuaikan dengan dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter, karena obat tersebut termasuk ke dalam golongan obat keras.

Tetapi, apabila sariawan tersebut disebabkan oleh penyakit selain herpes genital, maka obat tersebut tidak sesuai dan tidak bisa menyembuhkan. Oleh karena itu, sangat disarankan agar Anda berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter spesialis kulit dan kelamin, agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang yang dibutuhkan. Setelah diketahui penyebab pastinya, barulah dapat diberikan penanganan yang sesuai.

Hindari untuk menggaruk atau memencet sariawan tersebut, karena bisa memicu infeksi lanjutan. Selain itu, gunakan pakaian dalam yang longgar agar tidak menggesek sariawan tersebut, ya. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara mencegah keputihan perlu dilakukan agar vagina tetap sehat

Terapkan 8 Cara Mencegah Keputihan Ini agar Tak Mengganggu Lagi

Keluarnya lendir dari vagina termasuk hal normal. Ini merupakan cara mencegah keputihan yang otomatis dilakukan oleh organ kewanitaan Anda. Tapi Anda juga bisa menerapkan langkah agar vagina tetap sehat.