Sariawan apakah menyebabkan sakit radang di tenggorokan?

JO Info Penanya: JO, Pria, 20 Tahun
Selamat pagi saya mau bertanya apa sariawan dapat mengakibatkan sakit radang ditenggorokan ya?? Apa obatnya??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang JO,

Sariawan adalah adanya luka pada dinding mulut ataupun bisa pada area lidah. Penyebabnya sariawan sendiri beragam, mulai dari trauma seperti tergigit, kurang asupan vitamin, adanya infeksi seperti infeksi jamur di mulut dan juga bisa dipicu karena suasana mulut yang asam, bisa karena maag ataupun penyakit asam lambung.

Apabila mengalami sariawan diarea sekitar tenggorokan atau di lidah, hal ini bisa mempengaruhi rasa nyeri di tenggorokan. Baik karena rasa sakitnya ataupun juga karena sariawan mempengaruhi produksi air liur yang membuat tenggorokan lebih kering dan lebih mudah nyeri.

Penyebab sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan sendiri bisa juga disebabkan oleh penyebab lain seperti:

  • Reaksi alergi
  • Paparan debu, asap rokok, makanan berminyak
  • Infeksi saluran napas
  • Radang tenggorokan
  • Iritasi tenggorokan 
  • Penyakit asam lambung atau maag

Jadi untuk mengurangi keluhan yang ada perlu banyak minum air putih, mengonsumsi makanan yang mudah dicerna, hindari paparan alergen pemicu rasa tidak nyaman di tenggorokan, perbaiki pola makan dan hindari makanan yang mengiritasi lambung. Untuk sariawannya perbanyak makan sayur dan buah, dan bisa berkumur dengan obat kumur.

Jika tetap tidak ada perbaikan, bisa periksakan diri secara langsung pada dokter agar diperiksakan dan diberikan penanganan yang sesuai baik gejala yang timbul dan juga mengatasi apa yang jadi pemicunya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Berkumur dengan air garam merupakan salah satu cara mengobati radang tenggorokan

Cara Mengobati Radang Tenggorokan di Rumah

Radang tenggorokan sangat menganggu aktivitas makan. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi radang tenggorokan, salah satunya memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di rumah. Anda dapat menggunakan madu dan berkumur dengan air garam sebagai langkah mengobati radang tenggorokan. Jika radang tenggorokan tidak kunjung sembuh dan disertai gejala lain, Anda perlu berkonsultasi ke dokter.