Cara mengatasi sariawan

BH Info Penanya: BH, Pria, 35 Tahun
Dok,saya suka mengalami sariawan berulang di tempat yang sama tpi rentang waktunya lama.Sekarang lagi kambuh sudah kurang lebih 3 minggu.Coba di obatin pke Gom n kenalog,masih belum sembuh juga.Kira kira apa penyebab n bagaimana penanganannya?Berbahaya apa engga?Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, B.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Sariawan adalah luka kecil di dalam mulut yang menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman. Istilah medis dari sariawan adalah stomatitis. Penyebab dari sariawan itu sendiri yaitu cedera ringan pada mulut akibat tergigit, terkena sikat gigi dan kawat gigi, dll. Bisa juga karena menggunakan pasta gigi dan larutan kumur; sensitif terhadap makanan seperti kopi, coklat, strawberry; perubahan hormon; kondisi psikis; defisiensi vitamin B12, zinc, asam folat, dan zat besi; infeksi bakteri; alergi. 

Untuk mengatasi sariawan ini, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami berikut ini:

  • Berkumur dengan air garam selama 15-30 detik.
  • Berkumur dengan air dan soda kue. 
  • Madu.
  • Yogurt.
  • Minyak kelapa.
  • Teh chamomile.
  • Lidah buaya.

Jika dengan bahan alami ini tidak bisa mengobati sariawan Anda, maka saya sarankan Anda berobat ke dokter karena harus menggunakan obat-obatan dari dokter seperti obat kortikosteroid, obat antimikroba, obat pereda nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen, konsumsi vitamin B6, B12, asam folat, dan yang terakhir adalah tindakan kauterisasi yang dilakukan oleh dokter. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Wanita perokok berisiko mengidap penyakit jantung, kanker payudara, hingga radang panggul.

Wanita Perokok Bisa Terjangkit 10 Penyakit Ini, Waspadalah!

Wanita perokok harus lebih waspada dengan berbagai macam penyakit yang mengintai. Nyatanya, penyakit akibat merokok pada wanita, dianggap lebih "unik" dan mengerikan dibandingkan pria.