Sariawan hilang timbul, bagaimana cara mengatasinya?

MS Info Penanya: MS, Pria, 2019 Tahun
Dok aku mau tanya, Sariawan terus menerus, udah sembuh datang lagi, sembuh datsng lagi, cara mengstasinya bagaimana dok?? Dan apa obatnya biar tidak kambuh lagi??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, MS

Terimakasih atas pertanyaannya.

Penyebab pasti dari sariawan belum dapat dipastikan, tapi ada beberapa hal yang berkontribusi terhadap timbulnya sariawan. Misalnya obat-obatan tertentu, trauma pada mulut, kurang gizi, stres, bakteri/virus, kurang istirahat, penurunan berat badan berlebihan dan makanan tertentu.

Bisa juga terkait sistem kekebalan tubuh yang menurun sementara akibat flu, perubahan hormon atau kurang vitamin B12 atau asam folat. Bisa juga akibat tidak sengaja tergigit atau mengunyah duri di makanan. Sariawan sendiri belum tentu menular karena disebabkan reaksi kekebalan tubuh. Namun ada beberapa penyebabnya yang menular, misalnya infeksi HIV dan herpes.

Virus yang tetap berada di dalam tubuh, bisa menjadi aktif kembali oleh kondisi stres, cedera, demam, hormon, atau paparan sinar matahari. Untuk keluhan sariawan yang sudah berlangsung lebih dari 2 minggu, sebaiknya anda diperiksa langsung dengan Dokter Spesialis Penyakit Dalam untuk memastikan penyebab dan terapi yang sesuai.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salep untuk berengan di bibir, disesuaikan dengan penyebab awal munculnya luka di sudut bibir

Salep untuk Berengan di Bibir, Mana yang Paling Manjur?

Dalam bahasa medis, luka di sudut bibir atau berengan disebut sebagai angular cheilitis. Selain menimbulkan rasa perih, kondisi ini akan membuat ujung bibir terlihat kering dan berdarah. Luka di sudut bibir bisa diobati, umumnya dengan bermacam-macam salep. Apa saja jenisnya?