sariawan di ujung lidah dan benjolan di pipi

YA Info Penanya: YA, Pria, 2019 Tahun
dok saya ingin bertanya. saya ada sariawan saat ini tepat diujung lidah masih 3 hari tp ada juga benjolan kecil di kulit dalam pipi dan sdh mulai mengempes hari ini, ketakutan saya apakah ini termasuk gejala kanker mulut? saya org aktif vaping sblm ini tp saat ini sdh sy putuskan berhenti utk merokok jenis apapun. terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore YA

Sariawan adalah luka peradangan yang terdapat pada rongga mulut yang melibatkan gusi, bibir, lidah. Penyebab sariawan diantaranya efek gigitan, kurang minum air putih, efek alkohol, merokok, kurang vitamin B12, kurang vitamin C, anemia dan infeksi baik bakteri dan jamur. 

Kondisi lain sariawan dapat terjadi pada dinding pipi mulut akibat maloklusi struktur mulut dan sendi TMJ membuat dinding pipi sering terkompresi gigi membuat lapisan dinding pipi menimbulkan benjolan bercak garis putih atau disebut cheeck bite/morsicatio buccarum. 

Untuk kanker rongga mulut, gejala yang dapat timbul diantaranya sariawan kronik, benjolan, dan nyeri di rongga mulut. Salah satu faktor resikonya adalah rokok termasuk penggunaan rokok elektrik. 

Sariawan biasanya dapat hilang dengan perbanyak mengkonsumsi air, menjaga kebersihan mulut dengan antiseptik mulut non alkohol, dan meningkatkan konsumsi sayuran buahan dan multivitamin. Pada kondisi sariawan yang sudah terlalu lama dialami dapat menjadi tanda kelainan lain seperti kanker dirongga mulut termasuk lidah, selain itu sariawan putih yang kronik menjadi tanda infeksi jamur candidiasis oral yang sering terjadi pada seseorang dengan infeksi HIV. Sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter gigi mulut atau dokter THT untuk mendapatkan tatalaksana masalah sariwan jika tidak kunjung sembuh.

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sariawan di lidah dapat menjadi sangat mengganggu akibat sakit yang dirasakan saat makan atau bicara

Sariawan di Lidah Sangat Mengganggu, Mari Kenali Penyebabnya!

Sariawan di lidah umumnya disebabkan mengonsumsi makanan yang terlalu panas atau lidah tergigit dengan keras. Namun, stres, kekurangan zat besi, dan faktor genetik juga dapat meningkatkan sariawan di lidah.