12 Nov 2020, 11:18Kulit & Kelamin

Sariawan di mulut rahim

FD
Info Penanya: FD, Wanita, 32 Tahun
Siang dok. Saya ibu rumah tangga, Setaun yg lalu saya keguruan dan melakukan kuret.Setelah itu ketika saya berhubungan dg suami ada bercak darah dan kayak luka sobekan kecil di mulut vagina.itupun tidak pasti keluar bercak darah ketika berhubungan. Dan terakhir waktu saya hubungan dg suami, kaluar darah nya agak banyak Lalu saya bawa ke puskesmas setempat. Setelah dilakukan pemeriksaan,dokter bilang kalo ada semisal sariawan di mulut rahim saya. Yg saya mau tanyakan, apakah hal ini berbahaya
382 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam FD,Luka di mulut vagina adalah gejala yang bisa disebabkan oleh beberapa kemungkinan, bisa karena luka di vagina dan mulut rahim, adanya infekso baik infeksi jamur, infeksi virus, infeksi bakteri ataupun karena penyakit menular seksual, peradangan di vagina, ataupun penyebab lainnya.Jika sudah pernah diperiksakan dan dikatakan ada sariawan di mulut rahim maka perlu dilakukan pemeriksaan lanjutan pada dokter spesialis kulit dan kelamin ataupun dokter spesialis kandungan dan kebidanan agar dipastikan apa penyebabnya. Nantinya bisa dilakukan pemeriksaan seperti:
  • Pemeriksaan lab darah
  • Pemeriksaan urine
  • Pemeriksaan IVA untuk mengetahui kondisi mulut rahim
  • Pemeriksaan papsmear dan pemeriksaan sampel dari luka untuk mengetahui penyebabnya
Penanganan sendiri akan dilakukan dengan beberapa cara sesuai penyebabnya, bisa dilakukan pengobatan jika ada infeksi ataupun tindakan medis lain untuk mencari tahu lebih lanjut apa yang jadi penyebabnya. Upayakan menggunakan kondom atau pelumas tambahan jika berhubungan seksual agar mengurangi kemungkinan terjadinya perdarahan saat berhubungan seksual. Lakukan pemanasan lebih lama dan hindari terburu-buru melakukan penetrasi. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
kesehatan organ intimhubungan seksualsariawanperdarahan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil