Sariawan di bibir kemudian seperti ada benjolan

IA Info Penanya: IA
Awalnya saya sariawan kemudian di dalam bibir seperti ada benjolan daging dan itu perih banget kalau di buat ketawa atau ketika nggak sengaja gitu tekan
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang IA,

Sariawan adalah masalah kesehatan pada rongga mulut yang bisa timbul karena beragam penyebab mulai dari trauma pada dinding rongga mulut, alergi makanan atau minuman tertentu, stres, penggunaan kawat gigi, kekurangan nutrisi seperti vitamin B12, zat besi, zinc ataupun karena penyebab lain seperti infeksi jamur mulut, gangguan sistem kekebalan tubuh atau gangguan pada saluran pencernaan.

Untuk mengatasi sariawan dapat dilakukan beragam cara seperti hindari makanan yang mengiritasi rongga mulut, sikat gigi dengan sikat gigi yang lembut dan tidak kasar, konsumsi makanan bernutrisi dan bisa berkumur obat kumur untuk mengatasi sariawan. Jika penyebabnya adalah peradangan dokter juga bisa memberikan obat salep oralbase khusus untuk mengatasi sariawan.

Timbulnya benjolan seperti daging di mulut sendiri bisa timbul karena beberapa hal mulai dari adanya polip di gusi atau gigi, adanya sumbatan di kelenjar ludah yang disebut mukokel, abses atau kumpulan nanah dan penyebab lainnya. Penanganannya sendiri bisa dengan dilakukan operasi untuk mengangkat benjolan, menyuntikan obat ataupun dilakukan terapi laser. Hindari memecahkan benjolan agar tidak memicu iritasi atau infeksi yang lebih berat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menggertakan gigi geligi dapat berdampak buruk pada kesehatan

Hati-hati, Menggertakkan Gigi Saat Tidur Bisa Merusak Struktur Gigi Geligi!

Menggertakkan gigi geligi saat tidur atau bruxism dapat berdampak buruk pada area wajah. Untuk mencegah menggertakkan gigi geligi, Anda bisa menghindari alkohol dan merokok.