Apakah asam lambung dapat menyebabkan sariawan?

NH Info Penanya: NH
Siang dok, sy mau tanya dokSaya sariawan sering bgt hampir tiap minggu klau sariawan sembuh'y lama. Biasanya sy sembuh sariawan seminggu udah numbuh pg sariawan baru, ini sangat mengganggu aktivitas dok, bwat makan sakit bwt ngmong jga sakit,, sbenar'y saya punya asam lambung jga dok apakah asam lambung berpengaruh jadi sariawan hampir tiap hari yah dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, NH.

Pada penderita GERD (Gastro Esophageal Reflux disease), asam lambung yang refluks memang dapat memicu terjadinya sariawan. Pasalnya, asam lambung tersebut dapat naik kembali ke tenggorokan, bahkan ke mulut, yang membuat suasana mulut menjadi lebih asam dan menyebabkan terkikisnya lapisan dalam rongga mulut. Pada akhirnya, akan terjadi kondisi sariawan.

Selain karena GERD, penyebab sariawan lainnya adalah:

  • Luka pada mulut karena tergigit atau menyikat gigi terlalu keras
  • Ketidakseimbangan hormon tubuh
  • Rasa tertekan atau stres yang berlebihan
  • Mengonsumsi makanan tertentu yang memicu sensitivitas, misalnya cokelat
  • Defisiensi (kekurangan) zat gizi tertentu, misalnya vitamin B12

Untuk sementara, karena diduga kuat sariawan Anda disebabkan oleh refluksnya asam lambung, Anda dapat melakukan beberapa hal terkait pola makan. Pertama, makanlah dengan teratur, sedikit-sedikit tapi sering. Kedua, perhatikan jenis makanan yang dikonsumsi, hindari pedas, asam, terlalu berminyak, dan minuman dengan pemanis buatan. Terakhir, hindari makan sambil berbaring, bahkan sampai tiga jam setelahnya.

Apabila sariawan Anda tidak membaik setelah melakukan hal-hal di atas, berarti sariawan Anda tidak disebabkan oleh asam lambung, tetapi karena penyebab lainnya. Disarankan agar Anda berkonsultasi secara langsung kepada dokter, agar dapat dilakukan pemeriksaan lanjutan dan diberikan penanganan yang sesuai. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sering sariawan dapat disebabkan oleh berbagai faktor

Penyebab Sering Sariawan dan Cara Mengobatinya

Penyakit sering sariawan atau sariawan berulang disebut juga penyakit stomatitis aftosa rekuren (recurrent stomatitis aphthous/RSA). Ini merupakan kondisi umum dan banyak dialami, khususnya oleh anak-anak. Berikut berbagai penyebab dan cara mengatasinya.