Sariawan 3 bulan tidak kunjung sembuh

IU Info Penanya: IU, Wanita, 27 Tahun
Dokter saya mau bertanya ...ibu saya mengalami sariyawan sudah hampir 3 bulan dia sariyawan sudah berobat dan minum segala ramuan herbal tapi gak kunjung sembuh juga sampe buat bicara pun kadang dia kesulitan ..di tambah terkdang di sela sela gusi muncul seperti cenang kecil gitu .minta saran dan informasi serta cara mengobati nya dok .terima kasih sebelum nya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore IU

Kondisi sariawan/ stomatitis adalah kondisi perlukaan ulkus pada mulut dan bibir. 

Stomatitis sendiri dapat terjadin akibat trauma pada mulut, tidak menjaga kebersihan mulut, usia tua, penyakit metabolik seperti diabetes, infeksi jamur, pesien dengan stroke,  pasien kanker yang menjalani kemoterapi dan pasien dengan status imun yang turun seperti HIV/AIDS

Jika stomatitis sudah terlalu lama hingga 3 bulan dapat menjadi masalah karena mengganggu intake atau kesulitan untuk makan dan minum. Saya sarankan agar menjaga kebersihan mulut, kumur kumur dengan antiseptik, konsumsi makanan yang lunak agar tidak nyeri.

Jika stomatitis terlalu berat hingga terdapat candidiasis oral/ jamur mulut dapat diberikan obat tetes jamur mulut. Anda juga perlu membawa ibu anda berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan apakah sariawan terjadi akibat penyakit lain yang mendasari. 

Salam sehat

dr.Zulham

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Minum air putih dapat mengatasi bibir kering dan mencegah dehidrasi

Cara Mengatasi Bibir Kering dengan Bahan Alami yang Murah

Menjilat bibir bukanlah langkah yang tepat untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Hal itu justru membuat bibir bertambah kering. Untuk mengatasi bibir kering, Anda dapat menggunakan bahan-bahan alami, seperti madu. Bibir kering yang tidak kunjung sembuh dapat manjadi tanda penyakit xerostomia atau mulut kering.