Bagaimana penanganan diabetes?

AL Info Penanya: AL, Wanita, 47 Tahun
Dokter saya ini adalah penderita diabetes yg sdh mengarah ke ginjal.saya seharusnya bgm dok.kalau saya masuk rumah sakit sama dokter saya saya dikasih obat tidur krn masalahnya ya disitu.saya susah tidur maunya mikir terus dan ceket tuh pikiranya.saya dng penyakit spt itu tdk ada pengertian dr suami.dia tau saya sakit bahkan kalau lg kumat warase dia bisa kotbahi saya tapi lek lg kumat sering bikin saya berpikir.saya ini udah gagal 1x dlm perkawinan dan yg ini jg keliatane sama aja.saya kecewa .
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, A.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Diabetes merupakan salah satu penyakit dimana tubuh tidak dapat memproduksi insulin sehingga menyebabkan peningkatan kadar glukosa dalam tubuh. Ada dua tipe diabetes yaitu diabetes tipe 1 (akibat genetik dan muncul saat anak-anak) dan diabetes tipe 2 (akibat gaya hidup dan muncul sejak dewasa). Gejala dari diabetes itu sendiri yaitu cepat haus dan lapar, sering buang air kecil terutama di malam hari, lemas, kesemutan, berat badan turun, pandangan kabur, mulut kering, dll. 

Untuk mendiagnosa penyakit ini, dilakukan pemeriksaan kadar HbA1C, gula darah sewaktu, gula darah puasa, dan tes toleransi glukosa oral. Jika sudah terdeteksi, maka penyakit ini hrs segera diobati. Pengobatannya berupa pemberian insulin lewat suntikan, obat-obatan anti diabetes seperti metformin, glimepirid, dll, melakukan aktivitas fisik, dan pola makan yang sehat. Jika tidak diobati, maka diabetes dapat menimbulkan komplikasi seperti gagal ginjal, ke saraf, pembuluh darah, mata, dan juga jantung. 

Untuk itu, sebaiknya Anda melakukan pengobatan yang rutin ke dokter spesialis penyakit dalam. Pengobatan tersebut bertujuan agar gula darah anda tetap stabil dan penyakit ginjal Anda tidak semakin parah. Tidak harus dirawat inap selagi kondisi badan Anda masih stabil. Lalu, ajak suami Anda untuk menemani Anda kontrol, sehingga suami Anda mendapat penjelasan juga dari dokter mengenai kondisi Anda dan berharap ke depannya suami Anda menjadi lebih pengertian kepada Anda. 

Salam sehat, 

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh AL
10 Feb 2020, 18:31
Saya 1x gagal dlm perkawinan
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tidak hanya mabuk, efek alkohol terhadap tubuh adalah dapat memicu diabetes

Jangan Remehkan 13 Efek Alkohol pada Tubuh Anda Ini

Menyesap alkohol sekali-kali tidaklah masalah, tapi meminumnya secara berlebih dapat menimbulkan efek negatif terhadap kesehatan. Efek alkohol terhadap tubuh tak boleh diremehkan, karena dapat menyebabkan penyakit jantung, dan berbagai gangguan medis lainnya.