Apakah ini gejala gangguan jiwa?

EM Info Penanya: EM
Ini dok.saya mau.tanya kan mamang saya Itu ya suka senyum senyum sendiri Dan suka mengamuk semua barang yg deket Dia itu di banting terlebih ibu saya juga di di dipukulin terus kadang kadang itu klo ada barang tajem itu suka mau membunuh semua barang tajem di umpetin mamah ku juga perna di injek tonggongnya malahan pakai obat obatan juga tida mempan tidur malahan itu tidur juga suka senyum seyu.tilang bantu saya dokter beri cara tolong bantunya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, E.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kondisi yang saudara Anda alami ini adalah kondisi gangguan kesehatan jiwa. Gangguan kesehatan jiwa merupakan suatu kondisi penyakit dimana kejiwaan seseorang mengalami masalah sehingga penderitanya tidak bisa membedakan yang mana yang realita dan bukan. Salah satu dari gangguan kesehatan jiwa yaitu gangguan psikotik atau psikosis. Penderita yang mengalami gangguan psikotik biasanya mengalami halusinasi dan delusi (penderita meyakini suatu hal, yang sebenarnya tidak benar). Ada beberapa kondisi mental yang berkaitan dengan psikosis yaitu skizofrenia, gangguan bipolar, gangguang depresi, dll.

Berikut beberapa kondisi gangguan kesehatan jiwa yang berkaitan dengan psikosis:

  • Skizofrenia. Salah satu jenis gangguan kesehatan jiwa dengan ciri-ciri penderitanya mengalami halusinasi, ketidakteraturan dalam berbicara dan berperilaku (cenderung negatif), dan waham.
  • Gangguan skizofreniform. Hampir sama dengan skizofrenia, tetapi penderitanya hanya mengalaminya dalam jangka pendek (6 bulan). 
  • Gangguan delusi. Penderitanya tidak bisa membedakan khayalan dan realita, merasakan kemarahan, mood yang buruk. 
  • Gangguan bipolar. Penderitanya mengalami gangguan mood dalam sekejap. Terkadang mood berupa rasa sangat bahagia (mania) lalu berubah menjadi rasa yang sangat sedih (depresi). 
  • Psikosis terinduksi zat. Gejala psikosis yang timbul akibat zat-zat seperti narkoba. 
  • Depresi psikosis. Gangguan kesehatan jiwa yang dimana penderitanya mengalami gejala psikosis dan depresi. Biasanya penderita cenderung ingin bunuh diri, paranoid yang berlebih.

Pengobatan psikosis ini berdasarkan penyebabnya. Biasanya akan diberikan obat antipsikotik dan diterapi secara bekesinambungan oleh dokter jiwa hingga penderitanya bisa sembuh dan kembali melaksanakan tugas-tugasnya dengan baik tanpa mengganggu lingkungan sekitar. Jadi, lebih baik, saudara Anda segera dibawa ke dokter jiwa agar dapat segera ditangani. 

Salam sehat,

dr. Ester 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Erotomania adalah delusi saat seseorang menyakini orang lain sedang mencintainya

“Dia Pasti Mencintaiku”: Mengenal Erotomania, Delusi Dicintai Orang Lain

Erotomania adalah gangguan delusi yang membuat penderitanya yakin bahwa ada individu yang mencintainya. Kondisi ini bisa terjadi sebentar atau dalam jangka waktu lama. Kenali erotomania lebih jauh.