Apakah hand sanitizer aman digunakan sebelum makan?

AW Info Penanya: AW, Pria, 27 Tahun
apakah sanitizer aman jika makan menggunakan tangan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, A.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Hand sanitizier merupakan suatu produk cairan antiseptik yang sudah sering digunakan oleh banyak orang dalam kurun beberapa waktu terakhir ini. Hand sanitizer dianggap mampu membunuh kuman yang ada di tangan tanpa harus mencuci tangan terlebih dahulu.  Produk ini tersedia dalam bentuk gel, busa, dan juga cairan. Hand sanitizer sendiri mengandung alkohol jenis ethanol. Ethanol dipercaya mampu efektif membunuh semua jenis mikroba yang hidup di kulit. Tetapi, ada juga hand sanitizer yang tidak mengandung alkohol. Selain itu, produk ini juga bisa Anda buat sendiri di rumah sesuai standar dari WHO. 

Walaupun begitu, para ahli tetap menyarankan untuk mencuci tangan dengan air bersih yang mengalir daripada menggunakan hand sanitizer karena hand sanitizer tidak membasmi semua jenis kuman, tidak mampu menghilangkan bahan-bahan kimia berbahaya yang menempel di tangan, dan kurang efektif untuk tangan yang kotor. Jadi, sebaiknya Anda menggunakan hand sanitizer saat kondisi dimana Anda sedang berada di tempat yang tidak memiliki air bersih dan sabun serta jika kondisi tangan Anda tidak tampak kotor sekali. Gunakanlah hand sanitizer yang mengandung alkohol 60%. 

Hingga saat ini belum ada studi yang mengatakan bahwa hand sanitizer aman digunakan pada tangan yang hendak dipakai buat makan.  Jadi untuk lebih aman,  Anda sebaiknya membersihkan tangan terlebih dahulu dengan air bersih dan sabun dibanding dengan hand sanitizer sebelum makan menggunakan tangan. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh TR
11 Mar 2020, 16:54
Aman lah. Itu kan alcohol 70%
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
13 Mar 2020, 08:33
Hand sanitizer dapat digunakan ketika Anda berada di tempat yang tidak memiliki akses air bersih, atau sangat susah untuk mencuci tangan, ya. Jika tersedia tempatnya, disarankan untuk mencuci tangan selama minimal 20 detik di bawah air mengalir.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hindari kemunculan atau kambuhnya hipertensi atau tekanan darah tinggi dengan makanan penurun darah tinggi, seperti bawang putih

16 Makanan Penurun Darah Tinggi di Sekitar Anda

Tangani hipertensi dengan pemilihan makanan yang tepat! Makanan penurun darah tinggi tidak sulit dicari di sekitar Anda karena beberapa makanan tersebut tersedia di berbagai tempat, seperti tempe, semangka, sayuran hijau, dan sebagainya.