Sangat sensitif terhadap cahaya dan kebisingan

R Info Penanya: R, Wanita, 2019 Tahun
Dokter saya ingin bertanya ,saya sangat sensitif terhadap cahaya dan kebisingan ketika hendak mau tidur. Bahkan kadang saya tidak bisa tidur karena dua hal ini dan juga emosi saya sering naik karena tidak bisa tidur , sampai saya menangis karena menahannya. Ini gejala apa dokter? Dan bagaimana saya mengatasi hal ini?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore R, 

Menjadi sensitif terhadap satu kondisi dapat ditimbulkan oleh beberapa pencetus seperti misalnya karena mengalami migrain, kebiasaan tidur ataupun karena kondisi psikis seperti gangguan emosi, cemas, stres dan lainnya.

Jika cahaya dan kebisingan mengganggu tidur, dapat dilakukan modifikasi pada kamar tidur agar dapat menciptakan suasana ruang tidur yang nyaman dengan mematikan lampu ketika tidur dan juga mematikan tv ataupun gadget sehingga tidak terganggun. Jika kesulitan Anda juga bisa menggunakan penutup mata dan telinga untuk membantu mengatasi paparan bising dan cahaya.

Tetapi jika rasa emosi yang berlebih yang menjadi permasalahannya maka perlu dicari penyebabnya apakah yang menjadi pemicunya, lalu kenali tanda-tanda timbulnya amarah, dan coba kendalikan emosi atau lampiaskan amarah dengan cara yang lebih sehat. Jika kondisi ini menyebabkan gangguan tidur dan mengganggu aktivitas sehari-hari segera periksakan pada dokter ahli psikiatri agar dilakukan evaluasi terhadap kondisi Anda sehingga bisa dilakukan penanganan baik dengan konseling ataupun dengan pengobatan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penderita skizofrenia hebefrenik sering menunjukkan perilaku tak bertanggung jawab seperti anak-anak

Mengenali Gejala Gangguan Mental Skizofrenia Hebefrenik

Skizofrenia adalah gangguan mental serius yang paling terjadi. Salah satunya adalah skizofrenia hebefrenik. Gejalanya adalah lebih suka menyendiri, sering senyum sendiri, dsb.