Sampai kapan penggunaan susu BBLR?

D Info Penanya: D, Wanita, 30 Tahun
siang dok, mau tanya aku punya baby 5bln 3 minggu berat 5kg kebetulan baby prematur waktu lahir 8bln berat 1,6kg selain asi dan sufor khusus bblr, apakah boleh diganti dgn sufor biasa (baby normal), jika ttp sufor khusus untuk waktunya sampai berapa lama dok? terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang D,

Bayi premature dengan berat badan lahir rendah tentunya membutuhkan penanganan yang ekstra bila dibanding dengan bayi lain pada umumnya. Karena proses pematangan organ pada bayi premature belum sempurna dan berat badan yang rendah, maka perlu diberikan susu dengan kalori tinggi (susu khusus untuk BBLR), namun utamakan untuk memberikan ASI, karena selain kalori, bayi juga membutuhkan kekebalan tubuh yang hanya bisa didapat melalui ASI dari ibu. 

Untuk meningkatkan produksi ASI, Anda bisa membaca artikel berikut ini.

Mengenai sampai kapan bayi premature perlu diberi susu BBLR, maka semuanya tergantung dari perkembangan dan berat badan bayi itu sendiri. Bila bayi sudah mencapai berat badan yang sesuai dengan usia koreksinya, maka penggunaan susu BBLR bisa dihentikan dan beralih ke susu formula biasa.

Untuk bayi Anda dimana lahir saat usia kehamilan 32 minggu, maka terdapat kekurangan 8 minggu untuk mencapai bayi yang normal (40 minggu).

Maka usia koreksi bayi Anda yang benar adalah usia kronologi saat ini (5 bulan 3 minggu=23 minggu) dikurangi 8 minggu = 15 minggu.

Jadi bila Anda ingin mencocokkan pertumbuhan bayi Anda dengan kurva pertumbuhan WHO, maka masukkan usia bayi Ada 3 bulan 3 minggu (15 minggu) dengan berat badan 5 kg, maka akan didapat bahwa berat bayi Anda masih kurang, sehingga perlu tetap diberi ASI dan susu khusus BBLR.

Anda bisa melakukan pengecekan secara berkala dan tentunya melakukan konsultasi dengan dokter anak untuk penanganan yang tepat.

Salam sehat,

dr. Vina

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Posisi Plasenta yang tidak pada tempatnya dapat membahayakan nyawa Anda dan janin

Waspadalah, Kelainan Posisi Plasenta Ini Bisa Bahayakan Nyawa Anda!

Kelainan posisi plasenta pada saat kehamilan, seperti plasenta previa, dapat membahayakan nyawa Anda dan janin. Kondisi ini, plasenta menempel di dinding rahim bagian bawah. Akibatnya, leher rahim yang merupakan jalan lahir pun akan tertutup.