13 Feb 2021, 12:39Infeksi

Hasil pemeriksaan antigen samar

AZ
Info Penanya: AZ0
prtanyaan 1. dok, waktu antigen saya hasil nya samar2, tapi saya sudah kontak langsung dengan keluarga. apa tindakan saya dok??? 2. dok mhon pnjelasan nya, waktu antigen pertama hsil ny samar2. tp stelah hanya beberapa jam di antigen lgi hasil nya negatif, bgmna itu dok???
34720 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam AZ,Pemeriksaan rapid antigen adalah pemeriksaan cepat untuk mengetahui apakah ada kecurigaan mengalami infeksi covid 19 atau tidak. Pemeriksaan antigen sendiri memiliki akurasi yang baik tetapi hasilnya bisa kurang akurat karena beberapa hal seperti:
  • Teknik pengambilan sampel swab yang kurang baik
  • Alat cassette rapid yang kualitasnya kurang baik
  • Alat menguap karena paparan udara 
  • Beberapa faktor lain
Untuk itu pengambilan sampel dan pengerjaan pemeriksaan rapid antigen harus dilakukan oleh tenaga medis yang terlatih, agar pengambilan sampel dan pengerjaan pengetesan dilakukan dengan tepat dan memberikan hasil yang akurat.Apabila merasa ragu dengan pemeriksaan yang dilakukan, tetap terapkan protokol kesehatan dirumah, lakukan pemeriksaan swab ulang terutama bisa dilakukan pemeriksaan swab PCR, perhatikan ada tidaknya gejala yang mengarah pada infeksi covid 19.

Pemeriksaan swab PCR dan tracing

Apabila ada gejala yang dialami, ada baiknya segera memeriksaan diri dan dilakukan pemeriksaan swab antigen. Nantinya apabila hasil pemeriksaan swab PCR negatif, berarti tidak terinfeksi covid 19, tetapi jika hasil swab PCR positif berarti terinfeksi covid 19 dan perlu dilakukan penanganan sesuai protokol yang berlaku dan nantinya akan dilakukan tracing dan pemeriksaan terutama pada orang serumah yang kontak erat. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
penyakitinfeksi viruscoronavirus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil