31 Dec 2020, 10:06Penyakit Lainnya

Penyebab nyeri bagian tengah payudara 

FN
Info Penanya: FN0
Knp ya dok di tulang bawah payudara bagian tengah kalo di tekan sakit trs tdk ada ganguan saat bernafas atau bergerak hanya di tekan saja sakit
16896 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat siang, FN.Organ dada mempunyai banyak organ di dalamnya, termasuk paru-paru, jantung, hati, yang bila mana salah satu dari organ tersebut mengalami gangguan, maka dapat menimbulkan suatu gejala. Gejala yang dapat dirasakan berupa kesulitan bernafas, nyeri dada, mata dan kulit menguning akibat gangguan hati, ataupun rasa terbakar dan nyeri di tengah dada.

Penyebab nyeri bagian tengah payudara 

Di antara payudara terdapat ujung tulang sternum dimana di dalamnya terdapat saluran esofagus yang mengahntarkan makanan menuju lambung. Saluran ini mempunyai katup-katup untuk mencegah makanan keluar dari lambung. Namun jika katub-katub pada esofagus ini rusak dan tidak dapat berkerja dengan baik, maka asam lambung serta makanan akan naik dan mengiritasi lambung. Gejala yang ditimbulkan dapat berupa nyeri pada ulu hati, rasa panas dan terbakar, mual, muntah, dan dapat disertai rasa asam serta pahit di mulut. Gejala yang muncul ini merupakan gejala dari penyakit gastro esophageal reflux disease (GERD). Gejala dapat disebabkan oleh kebiasaan sering berbaring setelah makan.Selain karena GERD, nyeri pada bagian tengah payudara juga dapat disebakan oleh serangan jantung yang ditandai dnegan nyeri dada memberat seperti ditimpa beban berat, diikuti rasa tercekik di leher, menjalar hingga ke lengan kiri. Saat timbul gejala penderita akan keluar keringat bercucuran, rasa mual, dan muntah. Gejala serangan jantung ini harus segera dibawa ke RS atau fasilitas kesehatan untuk direkam menggunakan EKG.

Cara mengatasi nyeri bagian tengah payudara 

Cara mengatasi nyeri bagian tengah payudara adalah dengan melihat kondisi dinding dada, apakah terdapat benturan atau tidak. Apakah ada benjolan yang membesar, atau ada ruam merah pada tulang dan payudara. Jika rasa nyeri diikuti sakit saat ditekan, bisa karena asam lambung yang meningkat, oleh karena itu, Anda harus merubah pola makan dengan makan dalam porsi kecil yang lebih sering, hindari berbaring setelah makan, hindari makanan yang meransang asam lambung seperti kopi, teh, soda, makanan pedas dan asam. Terapkan pola hidup sehat, dan kelola stress dengan baik.Jika nyeri bagian tengah payudara terus berlanjut, diikuti mual, muntah berlebih, nyeri dada seperti ditimpa beban berat, diikuti rasa tercekik, segera ke dokter untuk pemeriksaan dan penatalaksanaan lebih lanjut.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
makanan sehatgerddispepsia
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil