04 Oct 2020, 17:27Kandungan

Keluar darah apa artinya sudah tidak perawan?

LL
Info Penanya: LL0
Dok, saya baru pertama kali berhubungan seks dengan pacar saya, terus keluar darah, tetapi kami mengguna kondom, nah itu dapat menyebabkan hamil atau tidak ya dok? Dan apakah kalau apakah seperti itu vagina saya sudah tidak perawan lagi?
5900 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat siang LL,Selaput dara merupakan lapisan yang menutupi sebagian lubang vagina, dan memang benar adanya selaput dara ini seringkali dikaitkan dengan perawan tidaknya seorang wanita. Namun perlu dipahami definisi perawan seperti apa yang Anda anut karena ada 2 pemahaman seorang wanita dikatakan masih perawan.

Dua pemahaman yang beredar di masyarakat perihal keperawanan adalah:

  • Robeknya selaput darah oleh sebab apapun. Hal ini tidak sepenuhnya benar, karena selaput dara bisa robek akibat trauma misal benturan keras, terjatuh dari kuda atau sepeda, kecelakaan, dll.
  • Sudah berhubungan seksual meski selaput dara masih utuh. Hal ini bisa terjadi karena selaput dara memang elastis, sehingga bila penetrasi yang dilakukan tidak dalam atau ukuran penisnya kecil maka bisa saja selaput dara ini tidak robek namun Anda memang sudah tidak perawan karena sudah berhubungan seksual dengan pria.
Perihal darah yang keluar ketika berhubungan seksual maka kemungkinan besar memang selaput dara Anda sudah robek dan jelas sudah tidak perawan karena sudah berhubungan seksual. Namun untuk kemungkinan terjadinya kehamilan lebih kecil karena pacar Anda menggunakan kondom. Tapi bukan berarti tidak mungkin hamil karena bisa saja kondom yang digunakan bocor.Lakukan tes pack bila bulan depan Anda mengalami terlambat haid. Dan sebaiknya tidak berhubungan seksual di luar nikah agar jangan sampai terjadi kehamilan yang tidak diinginkan.Salam sehat,dr. Vina
hamilrobekan himen vaginatest pack
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil