26 Jun 2021, 00:28Penyakit Lainnya

Pusing, mual, dan diare setelah minum obat

NF
Info Penanya: NF0
saya beli obat meriang di apotek ... tpi abis minum obat itu malah pusing mual diare..
122 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat sore NF,Obat adalah bahan kimia yang diperuntukkan untuk pengobatan atau pencegahan penyakit tertentu. Ada berbagai macam obat yang ada di Indonesia saat ini, dan masing-masing memiliki fungsi yang berbeda-beda. Obat meriang atau demam pun sangat banyak jenisnya; mulai dari yang dijual bebas seperti paracetamol dan ibuprofen 200 mg, sampai yang tergolong obat keras dan membutuhkan resep.Nah, perlu diketahui juga masing-masing obat memiliki efek samping yang berbeda. Ada cukup banyak obat yang dapat memicu gangguan saluran cerna dan menimbulkan gejala seperti mual, muntah, diare, ataupun sembelit.Jadi, kemungkinan besar apa yang Anda alami adalah efek samping dari obat tersebut ya.Tapi, ada juga kemungkinan lainnya, yaitu sebenarnya mual dan diare adalah gejala lain yang menyertai demam Anda. Hanya saja, kebetulan muncul setelah minum obat. Ada beberapa penyakit yang memiliki gejala demam, mual, dan diare; misalnya demam tifoid, gasteroenteritis, serta infeksi saluran cerna tertentu.Untuk itu disarankan agar Anda tidak mengonsumsi obat sembarangan dan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu kepada dokter penyakit dalam. Nantinya dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang, kemudian memberikan terapi yang tepat.Upayakan juga untuk cukup beristirahat dan minum air putih yang cukup ya. Hindari dulu makanan pedas dan yang diolah dengan cara digoreng, karena dapat memicu diare dan mual semakin parah. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
mualdemamminum obat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil