11 Feb 2021, 08:19Kulit & Kelamin

Alergi obat, ruam merah pada kulit dan wajah

CY
Info Penanya: CY0
Selamat pagi dok, ibu saya kemarin sakit tenggorokan lalu beliau dikasih obat oleh dokter spesialis gigi tempatnya berkerja namanya dexamethasone tapi obatnya berefek menimbulkan ruam merah, dan kemerahan pada kulit dan wajah .. Serta sedikit bengkak itu termaksud alergi obatkah? Bagaimana cara mengatasinya dok sedangkan tenggorokannya sudah sembuh karena saya membeli obat lain di apotik. Namun alergi dari obat dokter spesialis tadi belum hilang, padahal hanya meminum 1 kali saja
75 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam CY,Dexamethasone adalah obat kortikosteroid yang merupakan obat antiperadangan. Obat ini juga merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi alergi. Apabila setelah minum obat ini menimbulkan ruam, perlu diperhatikan ada obat lain tidak yang dikonsumsi bersamaan, karena justru dexamethasone adalah obat yang digunakan jika mengalami ruam sampai reaksi alergi lain misalnya sesak ataupun bengkak pada mata dan bibir.Apabila saat ini masih mengalami ruam, bisa coba hentikan semua obat yang dikonsumsi dan minum obat anti alergi lain misanya obat golongan antihistamin seperti chlorphenireamine maleat dan bisa gunakan losion calamine pada area yang  mengalami ruam.Perhatikan juga apakah ada pemicu alergi lainnya seperti:
  • Makanan
  • Debu
  • Udara dingin
  • Penggunaan skincare atau kosmetik
Selain karena alergi dan iritasi, ruam kulit juga bisa disebabkan beberapa hal lain seperti paparan matahari, infeksi kulit, sampai reaksi infeksi lain. Periksakan pada dokter apabila keluhan belum juga menghilang ataupun bertambah luas ruam dan kemerahannya. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
alergiruam kulitalergi obat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil