Salah memberi obat pada anak

WF Info Penanya: WF, Wanita, 2019 Tahun
Malam dok,Saya mau tanya kan anak saya sudah mulai batuk saya ada salah kasih obat.saya kaga baca lagi karna buru2.saya bukan kasih obat batuk tapi saya ksh obat panas itu kaga apa2 kan dok.makasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang WF,

Obat penurun panas pada anak kebanyakan memiliki kandungan paracetamol. Paracetamol sendiri memiliki tingkat keamanan yang baik sehingga dikategorikan pada obat bebas. Meskipun begitu paracetamol juga tetap memiliki risiko terjadinya reaksi efek samping jika tidak dikonsumsi dengan baik. Efek samping yang bisa timbul diantaranya seperti:

  • Reaksi alergi seperti ruam pada kulit, sesak
  • Gangguan pencernaan
  • Gangguan hati dan ginjal jika digunakan berlebihan dan jangka panjang
  • Overdosis jika dikonsumsi melebihi batas penggunaan harian

Jika dosisnya masih dalam batas aman tidak apa-apa dan jangan diulangi, perhatikan ketepatan pemberian obat baik tepat jenis obat, tepat dosis dan tepat waktu pemberian agar pengobatan dapat optimal dan menghindari risiko yang dapat timbul. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anda dapat membuat obat batuk alami dari jahe dan madu

Ketika Batuk Melanda, Coba 9 Obat Batuk Alami Ini

Batuk sudah menjadi salah satu penyakit yang sering muncul di masyarakat. Anda bisa mencoba obat batuk alami sebagai alternatif dari obat batuk di apotek. Beberapa obat batuk alami yang bisa dicoba adalah nanas, air garam, dan probiotik.