17 Sep 2019, 13:30Penyakit Lainnya

Salah memberi obat pada anak

WF
Info Penanya: WF, Wanita, 2019 Tahun
Malam dok, Saya mau tanya kan anak saya sudah mulai batuk saya ada salah kasih obat.saya kaga baca lagi karna buru2.saya bukan kasih obat batuk tapi saya ksh obat panas itu kaga apa2 kan dok.makasih
24113 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang WF,Obat penurun panas pada anak kebanyakan memiliki kandungan paracetamol. Paracetamol sendiri memiliki tingkat keamanan yang baik sehingga dikategorikan pada obat bebas. Meskipun begitu paracetamol juga tetap memiliki risiko terjadinya reaksi efek samping jika tidak dikonsumsi dengan baik. Efek samping yang bisa timbul diantaranya seperti:
  • Reaksi alergi seperti ruam pada kulit, sesak
  • Gangguan pencernaan
  • Gangguan hati dan ginjal jika digunakan berlebihan dan jangka panjang
  • Overdosis jika dikonsumsi melebihi batas penggunaan harian
Jika dosisnya masih dalam batas aman tidak apa-apa dan jangan diulangi, perhatikan ketepatan pemberian obat baik tepat jenis obat, tepat dosis dan tepat waktu pemberian agar pengobatan dapat optimal dan menghindari risiko yang dapat timbul. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
batukpenurun panasminum obat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil