11 Sep 2021, 09:57Penyakit Lainnya

Batuk, apakah boleh vaksin?

P1
Info Penanya: P10
Dok saya penyintas covid sejak april awal tahun ini, tetapi saya sering batuk dalam 2 hari sekali (tidak rutin) dari bulan mei hingga sekarang. Apakah aman untuk vaksin sinovac?
386 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang,  PTerima kasih atas pertanyaan AndaBatuk adalah respon alami yang dilakukan tubuh dengan tujuan melembabkan dan membersihkan saluran napas. Sehingga batuk yang sesekali terjadi adalah kondisi yang normal atau wajar. Namun, apabila batuk dirasakan terus menerus dan datau disertai dengan gejala penyerta lain seperti sesak napas, hidung tersumbat, demam, berdahak dan lain sebagainya sertai dirasakan lebih dair 3 hari sebaiknya melakukan pemeriksaan ke dokter.

Di bawah ini adalah beberapa keadaan yang bisa menyebabkan batuk:

  • Alergi
  • Infeksi saluran napas baik karena bakeri, virus atau zat lain
  • Obesitas
  • Kebiasaan merokok
  • Naiknya kembali asam lambung ke kerongkongan atau GERD
  • Kondisi medis yang lainnya

Apakah batuk boleh melakukan vaksin?

Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, apakah batuk boleh melakukan vagsin atau tidak maka tergantung dari penyebab batuk yang terjadi pada Anda. Sedangkan terkait dengan penyintas covid, diperbolehkan melakukan vaksin setelah 3 bulan dari tanggal dinyatakan sembuh. Untuk itu, alangkah baiknya bila Anda melakukan pemeriksaan ke dokter terlebih dahulu. Untuk syarat vaksin, anda bisa melakukan pengsian kuesioner di sini. Pastikan Anda tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku, konsumsi makanan bergizi, lakukan istirahat cukup dan hindari kelelahan.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
tips kesehatanbatukvaksin corona
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil