09 May 2021, 05:17Penyakit Lainnya

Kenapa terjadi luka di kaki dan menyebar?

ER
Info Penanya: ER0
Halo dok saya ingin bertnya , ayah saya awl ny pnya riwayt sakit jantung dan struk ringan ,dan uda prnh dirawat di RS. Suda mlkukan terapi dan obat alternatif ,brpa bln kmudian tiba² kaki ayah saya tiba² sakit timbul titik merah di ibu jari ny ,kmudian tiba² luka dan melebar sperti org terkena sakit gula, lukany gak bernanah tpi mengerogoti jri² ny hingga putus, sudah cek gula 130 asam urat ny 11 ,luka dijari kaki 3 bln smbuh,lalu pindah lagi kejari sebelahny, ayah saya sakit apa ya dok?
135 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat sore, ERTerima kasih atas pertanyaannya.Luka di kaki dapat terjadi karena banyak sebab dari mula irtiasi hingga adanya infeksi.  Luka yang melebar dan bertambah parah dapat dipicu oleh kondisi kesehatan atau penyakit contohnya diabetes ataupun penyakit autoimun. 

Penyebab luka di kaki :

  • Gesekan terus menerus pada kaki akibat tidak menggunakan alas kaki atau penggunaan alas kaki yang salah.
  • Terjadi infeksi pada kaki karena bakteri, virus ataupun jamur.
  • Luka akibat penyakit gula darah tinggi
  • Reaksi alergi karena kontak dengan pemicu alergi misal detergen, sabun cuci, udara, gigitan serangga.
  • Kondisi penyakit tertentu misal eksim, penyakit autoimun, penggunaan obat-obatan tertentu contohnya pengencer darah.
  • Faktor obesitas.
  • Gangguan pada peredaran darah.
Dari hasil darah bila gula darah diperiksa saat puasa maka termasuk tinggi dan kadar asam urat lebih dari 7 pada laki-laki termasuk tinggi pula.  Dua kondisi ini dapat memperparah luka yang ada.  Untuk memastikannya segera bawa orang tua periksa ke dokter spesialis penyakit dalam guna dilakukan pemeriksaan pada luka secara mendalam dan juga pengecekan pada gula, tekanan darah, serta asam urat berkala sehingga tidak menimbulkan keparahan lebih lanjut.Sementara ini atur pola makan sehat dan bergizi, batasi makanan tinggi gula, karbohidrat, lemak, kacang-kacangan, jeroan, pemanis buatan, pengawet. Lalu bersihkan luka dengan kasa steril dan cairan saline setelah itu keringkan.  Selalu gunakan alas kaki.  Sangga kaki dengan bantal ketika duduk atau berbaring.  Hindari merokok, jaga berat badan seimbang, serta olahraga ringan teratur. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
diabetesasam uratpenyembuhan lukaluka traumatisulkus dekubitusluka diabetes
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil