Sakit ulu hati, bagaimana cara mengatasinya?

UK Info Penanya: UK, Pria, 40 Tahun
Selamat siang, bagaimana solusi sakit ulu hati
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang UK

Sakit ulu hati adalah keluhan yang dirasakan dimana nyeri timbul di perut tengah atau ataupun tepat dibawah tulang sternum atau disebutnya di area ulu hati. Penyebab sakit ulu hati sendiri bisa beragam, yang tersering adalah karena masalah pencernaan seperti maag ataupun asam lambung, GERD, masalah pernapasan, ataupun tidak jarang mirip dengan gejala jantung.

Sakit ulu hati sendiri sering kali timbul karena kebiasaan sehari-hari yang kurang baik, seperti misalnya masalah pola makan, masalah pantangan makan, kurang istirahat, ataupun karena kondisi psikologis seperti stres dan cemas.

Untuk mengatasinya perlu dilakukan beberapa hal seperti:

  • Menjaga pola makan, bisa makan sehari 3-4 kali dengan porsi yang lebih kecil
  • Menjaga pantangan makan, jangan makan yang pedas-pedas, makanan yang asam, makanan yang bersantan, dan juga minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, cokelat, dan minuman bersoda
  • Kelola stres dan rasa cemas
  • Bisa konsumsi obat maag seperti antasida sebelum makan

Jika keluhan sakit di ulu hati tetap sering kambuh, maka perlu dilakukan pemeriksaan. Nantinya bisa dilakukan wawancara mengenai keluhan yang timbul dan apa pemicunya, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti rekam jantung, rontgen ataupun pemeriksaan lain jika diperlukan. 

Pengobatan sendiri nanti akan disesuaikan dengan kondisi yang ada, tapi obat saja bisa tidak cukup. karena obat hanya meredakan gejala, perlu dibarengi dengan perubahan pola hidup. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara mengatasi perut kembung yang alami sangat beragam, salah satunya dengan mengonsumsi tempe.

17 Cara Mengatasi Perut Kembung yang Bisa Dicoba di Rumah

Cara mengatasi perut kembung tidak semata-mata menggunakan obat. Sejumlah cara alami, termasuk dengan menggunakan kompres air hangat dan menghindari makanan asin, bisa meredakan kondisi perut kembung.