19 Mar 2021, 21:17Penyakit Lainnya

Apa yang menyebabkan masuk angin ?

AS
Info Penanya: AS0
Selamat malam dok, saya mau tanya. Saya sering sekali merasakan seperti masuk angin tapi di bagian ubun-ubun. Kalau rambut di bagian ubun-ubun saya tarik rasanya mual seperti keluar angin, atau biasanya saya pijat- pijat sendiri di bagian itu. Tapi sakit yg seperti itu berulang setiap hari, puncaknya ketika bangun tidur. Cara mengatasi supaya tidak sakit lagi gimana ya dok?
150 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat malam, A.Saat tubuh merasa sangat letih, kondisi tubuh tidak fit maka sebagian masyarakat menganggap dirinya sedang "masuk angin". Masuk angin tidak ada dalam istilah medis. Masuk angin terdiri dari banyak sekali penyebab. Masyarakat merasa angin yang terlalu banyak masuk ke tubuh saat seseorang berpergian, terpapar udara dingin, lelah berkerja, menyebabkan keluhan tersebut, sehingga harus "dikerok" untuk mengeluarkan angin agar tubuh menjadi lebih rileks. 

Apa yang menyebabkan masuk angin ?

Masuk angin yang dimaksud adalah kumpulan beberapa gejala dimana sesorang merasa badan demam meriang, pegal, letih, pusing "keliyengan", rasa mual, perut begah, penurunan nafsu makan, sendawa terus menerus. Penyebab masuk angin yang dialami seseorang karena banyak faktor antara lain :
  • Infeksi saluran pernafasan atas (common cold).
  • Gangguan pencernaan akibat maag, GERD, demam tipes.
  • Anemia akibat kekurangan salah satu faktor pembentuk sel darah seperti asam folat dan zat besi. Anemia juga dapat disebabkan oleh perdarahan yang terus berlangsung saat wanita menstruasi atau seseorang mengalami wasir/ambeian.
  • Gangguan jantung sehingga oksigen berkurang.
Keluhan yang Anda alami bisa karena anemia, kurang tidur, atau aliran darah yang tidak lancar ke kepala, sehingga membuat kepala menjadi lebih enak saat dipijat dan rambut ditarik. Selain itu makan yang tidak teratur, stress, mencetuskan rasa mual.

Bagaimana cara mengatasi masuk angin ?

Cara mengatasi masuk angin antara lain :
  • Jag imun tubuh, terapkan pola hidup sehat.
  • Makan bergizi.
  • Isirahat yang cukup.
  • Olahraga secara teratur.
Jika keluhan tidak membaik, nyeri kepala bertambah hebat, mual dan muntah terus menerus, segera dokter spesialis penyakit dalam.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari. 
maaggerdanemia defisiensi vitamin b12 dan folat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil