Bagaimana bila sakit tifoid sudah 3 minggu?

EM Info Penanya: EM, Wanita, 43 Tahun
sore dok, sy mau tanya anak saya usia 12 th sdh sakit typus krg lebih 3 minggu, antibiotik sdh selesai tapi badan msh suka demam dan skrg mengeluh sakit perut, yg saya mau tanyakan apa perlu ambil darah lg utk dicek typusnya ? apa saran dokter,tks
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang EM,

Demam tifoid merupakan demam yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella, yang akan menimbulkan keluhan berupa demam yang cenderung tinggi ketika sore atau malam hari, sehingga anak akan tampak sehat di pagi dan siang hari, namun mulai lemas, demam ketika menjelang sore dan malam hari. Selain itu akan ada keluhan seperti sakit kepala seperti dipukul, gangguan BAB seperti diare atau susah BAB.

Perihal penyembuhan demam typhoid sendiri bisa berlangsung sekitar 2 minggu dengan terapi yang adekuat. Bila anak Anda masih demam, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan darah ulang, mungkin penyebab demamnya bukan dari demam typhoidnya lagi namun karena infeksi yang lain misal demam berdarah, disentri, dll. Bila ada keluhan diare, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan tes feses di laboratorium.

Sementara yang perlu Anda lakukan di rumah adalah :

  1. Berikan paracetamol selama demam.
  2. Kompres dengan air hangat.
  3. Berikan makanan yang mudah dicerna seperti nasi tim, bubur, makanan berkuah.

Sebaiknya segera bawa anak Anda ke dokter anak untuk pemeriksaan yang lebih menyeluruh untuk mendapat penanganan yang tepat.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Demam merupakan salah satu gejala tipes pada anak

Kenali Gejala Tipes pada Anak dan Cara Mengatasinya

Demam tifoid, atau lebih dikenal dengan tipes, sering menyerang anak-anak. Penyakit ini termasuk infeksi serius yang dapat mengancam nyawa penderitanya. Penting untuk mengenali gejala tipes pada anak agar bisa ditangani dengan cepat dan tak berujung fatal.