Apa penyebab tulang rusuk menonjol?

SW Info Penanya: SW, Wanita, 16 Tahun
Dok tulang dada kiri saya ini.menojol apa kah itu berbahaya soalnya saya cek itu tidak ada apa apa.tapi saya selalu merasakan sakit bila terlalu cape
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, I.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Tulang dada atau tulang rusuk merupakan susunan tulang yang ada di area dada yang fungsinya untuk melindungi organ-organ di rongga dada seperti paru-paru, jantung, hati. Tulang rusuk terdiri dari tujuh pasang tulang yang menempel pada tulang dada. Ketujuh pasang itu dikenal dengan tulang rusuk sejati dan lima pasang tulang rusuk dibawahnya dikenal sebagai tulang rusuk palsu. 

Walaupun tulang rusuk dikenal kuat, tapi bisa juga mengalami cedera. Cedera pada tulang rusuk bisa diakibatkan karena jatuh, kecelakaan, terkena benturan, dan cedera saat berolahrga sehingga dapat muncul memar, patah tulang rusuk, atau tulang menjadi menonjol.

Kondisi yang Anda alami ini bisa jadi penyebabnya karena cedera saat dulu Anda masih kecil, bawaan dari lahir, dan bisa jadi karena pembengkakan dari organ jantung atau paru-paru sehingga menyebabkan tulang rusuk Anda menonjol.  Untuk memastikannya, Anda perlu periksa ke dokter ortopedi agar dilakukan pemeriksan x-ray dan fisik secara langsung. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Patah tulang ringan tak selalu operasi, tetapi bisa dengan gips.

Inilah Alternatif untuk Pengobatan Patah Tulang tanpa Operasi

Operasi seringkali menjadi pengobatan patah tulang yang terbilang serius. Selain operasi, patah tulang ringan juga bisa ditangani dengan splint,brace, dan gips sebagai alat penopang kaki.