Apa penyebab nyeri di tulang ekor?

SA Info Penanya: SA, Wanita, 22 Tahun
Dok saya sllu merasakan sakit di bagian tulang ekor sampai ke panggul sebalah kiri dan perut bagian kiri itu kenap yah dok.?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, SA.

Tulang ekor adalah bagian ujung bawah dari tulang belakang. Sama seperti bagian tubuh lain, tulang ekor juga dapat merasakan nyeri. Penyebab nyeri tulang ekor sangatlah bervariasi, mulai dari yang ringan, sampai yang cukup serius. Nyeri bisa bersumber dari tulang itu sendiri, maupun dari saraf, otot, ligamen, atau tendon yang melekat pada tulang tersebut. 

Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan rasa nyeri pada tulang ekor adalah:

  • Duduk terlalu lama pada tempat yang keras, sehingga menimbulkan tekanan pada tulang ekor
  • Terlalu kurus, sehingga tulang ekor menonjol dan mudah terkena benturan
  • Terlalu gemuk, sehingga beban yang disangga tulang ekor terlalu berat
  • Nyeri otot yang melekat pada tulang ekor
  • Saraf tulang ekor yang tertekan
  • Osteoporosis, biasanya pada usia lanjut

Apabila Anda mengalami nyeri tulang ekor yang menjalar sampai panggul dan perut, ada kemungkinan hal ini disebabkan oleh saraf ataupun otot. Untuk sementara, Anda dapat mencoba mengonsumsi makanan yang kaya vitamin B yang baik bagi saraf dan otot, misalnya alpukat. Anda juga dapat mengonsumsi obat antinyeri yang dijual bebas seperti parasetamol, sesuai dosis.

Tetapi, apabila rasa nyeri tak kunjung menghilang, sebaiknya segera periksakan kondisi ini ke dokter spesialis saraf. Dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan penunjang yang diperlukan, seperti rontgen atau MRI. Setelah diketahui penyebabnya, dokter akan memberikan terapi yang sesuai. Apabila dibutuhkan, dokter akan merujuk ke spesialisasi lain yang lebih kompeten.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Nyeri tulang adalah salah satu gejala TBC tulang

Serba-serbi TBC Tulang, Penyakit Menular yang Melumpuhkan

TBC tulang adalah penyakit yang muncul ketika bakteri Mycobacterium tuberculosis yang mengakibatkan TBC paru keluar dari organ pernapasan itu dan menyerang tulang.